Ruangguru Gratiskan Sekolah Online, Telkomsel Sediakan Kuota 30 GB

Kompas.com - 16/03/2020, 13:30 WIB
Aplikasi Ruangguru TelkomselAplikasi Ruangguru

KOMPAS.com - Sejumlah pemerintah daerah telah meniadakan kegiatan belajar mengajar di seluruh sekolah di wilayahnya, akibat pandemi Covid-19. Sebagai gantinya, pelajar diminta melakukan kegiatan belajar di rumah.

Merespons kebijakan tersebut, aplikasi belajar Ruangguru menggratiskan materi belajar di aplikasi mereka. Selain itu, materi pelajaran dapat diunduh oleh pengguna Telkomsel tanpa memotong kuota internet.

Telkomsel menyediakan kuota hingga 30 gigabyte secara cuma-cuma khusus untuk materi pelajaran di Ruangguru. Penawaran ini berlaku untuk semua pelajar, orang tua, maupun guru yang menggunakan Telkomsel di ponselnya.

Untuk menggunakan penawaran ini, pengguna Telkomsel (prabayar dan pascabayar) dapat mengaktifkan paket data Rp 0 melalui aplikasi My Telkomsel.

Setelah pengguna memasukkan nomor Telkomsel yang aktif, pengguna akan mendapatkan akses data sebesar 30 GB untuk akses Ruangguru selama 30 hari sejak tanggal aktivasi.

Telkomsel hanya menyediakan kuota internet gratis untuk mengakses materi "Sekolah Online" dan "RuangBelajar" di aplikasi Ruangguru.

Perlu diingat, bahwa Ruangguru hanya menggratiskan materi "Sekolah Online". Pengguna mesti tetap berlangganan (berbayar) Ruangguru terlebih dahulu untuk bisa mengunduh materi lainnya.

Baca juga: Cara Mengakses Ruangguru secara Gratis dengan Kuota 30 GB Telkomsel

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, Telkomsel mendukung upaya gotong royong pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19, dengan berperan sebagai penghubung atau connectivity enabler.

"Bersama Ruangguru kami menghadirkan inisiatif solidaritas bersama untuk memberikan kebebasan bagi para siswa untuk mengakses platform pembelajaran online Ruangguru," ujar Setyanto dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (16/3/2020).

Sementara pendiri dan direktur utama Ruangguru, Belva Devara mengatakan bahwa kegiatan belajar siswa tidak dapat terganggu di tengah - tengah situasi sekolah diliburkan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X