Kerja dari Rumah, Begini Cara Video Call Berempat Pakai WhatsApp

Kompas.com - 17/03/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi REUTERS/ Dado RuvicIlustrasi

KOMPAS.com - Sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona, pemerintah mengimbau masyarakat melakukan kegiatan dari rumah, seperti bekerja, belajar dan beribadah.

Imbauan bekerja dari rumah tersebut mulai diterapkan sebagian kantor dan perusahaan, terutama di wilayah DKI Jakarta. Lantas, bagaimana aktivitas pekerjaan bisa dilakukan dari rumah?

Aplikasi WhatsApp Video Call bisa menjadi alternatif untuk melakukan rapat virtual dalam jumlah kecil. Fitur Group Video Call di WhatsApp ini sudah digulirkan sejak 2018 lalu.

Baca juga: Dukung Kebijakan Kerja dari Rumah, Operator Seluler Tingkatkan Bandwidth

Namun hingga kini, jumlah peserta video call yang bisa ditampung WhatsApp baru empat.  Lantas, bagaimana cara melakukan group video call berempat dengan WhatsApp?

Ketuk ikon kontak dipojok kanan atas yang berlingkar merah, lalu pilih kontak mana yang ingin diajak bergabung dalam Group Video Calling WhatsAppKompas.com Ketuk ikon kontak dipojok kanan atas yang berlingkar merah, lalu pilih kontak mana yang ingin diajak bergabung dalam Group Video Calling WhatsApp
Caranya, ketika sudah melakukan video call dengan salah satu orang, ketuk ikon kontak bertanda + di pojok kanan atas, lantas pilih kontak yang ingin diajak bergabung dalam obrolan.

Ketika sudah ada dua atau tiga orang masuk dalam satu obrolan, penerima video call selanjutnya bisa melihat foto profil dan nomor atau nama semua partisipan yang sudah bergabung.

Sehingga bisa membantu penerima video call untuk menentukan apakah ingin bergabung atau tidak.

Cara serupa juga bisa dilakukan untuk fitur "Group Voice Calling" yang juga rilis di versi pembaruan yang sama.

Baik fitur "Group Video Calling" maupun "Group Voice Calling" diumumkan langsung oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam agenda developer tahunan "F8" Mei 2018 lalu.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Group Call dan Group Video Call di WhatsApp

“Group Video Calling akan menjadi cara baru untuk orang-orang terkoneksi secara privat dengan teman-teman dekat, grup, dan bisnis,” ujar Zuckerberg.

Untuk lebih jelas, berikut ini video tutorial cara membuat video call grup berempat menggunakan aplikasi WhatsApp.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X