Ini Software dan Kamera yang Dipakai Jokowi untuk Rapat Jarak Jauh

Kompas.com - 17/03/2020, 13:28 WIB
Presiden Jokowi melakukan rapat terbatas dengan sejumlah menteri menggunakan fasilitas video conference, Senin (16/3/2020). Langkah ini diambil demi mengantisipasi peredaran virus corona. Instagram @JokowiPresiden Jokowi melakukan rapat terbatas dengan sejumlah menteri menggunakan fasilitas video conference, Senin (16/3/2020). Langkah ini diambil demi mengantisipasi peredaran virus corona.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Dalam rangka upaya membatasi penyebaran virus corona di Indonesia, seruan “work from home” belakangan jadi marak digaungkan.

Presiden Joko Widodo pun akhir pekan lalu mengimbau agar masyarakat kerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Imbauan itu diulangnya pada Senin (16/3/2020) kemarin, lewat foto Jokowi di tengah-tengah aktivitas video conferencing di Istana Bogor, Jawa Barat. Gambar diunggah ke akun resmi Jokowi di Instagram.

“Saya menggelar rapat jarak jauh dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju. Saya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Bapak Wakil Presiden, para menteri dam pejabat setingkat menteri di kantor masing-masing atau di mana saja berada,” tulis keterangan yang menyertai unggahan tersebut.

Dalam foto, Jokowi tampak duduk di sebuah kursi, menghadap layar televisi atau monitor berukuran besar. Di depan televisi terdapat sebuah kamera yang ditegakkan dengan perangkat tripod.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Kita berada pada situasi yang tidak biasa. Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Seperti hari ini, saya menggelar rapat jarak jauh dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju. Saya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Bapak Wakil Presiden, para menteri dan pejabat setingkat menteri di kantor masing-masing atau di mana saja berada. Rapat jarak jauh ini tetap sangat efektif di tengah pandemi virus korona. Pemerintah terus bekerja keras untuk mengatasi berbagai persoalan, baik kesehatan maupun perekonomian.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on Mar 16, 2020 at 4:11am PDT

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika diamati, kamera yang memiliki engsel berbentuk huruf “L” terbalik ini terlihat mirip dengan yang dibuat oleh Logitech.

Saat dihubungi oleh KompasTekno, Selasa (17/3/2020), Logitech Indonesia Video Collaboration Lead Bayu Eko Susetio mengatakan bahwa kamera dalam foto unggahan akun Instagram Jokowi adalah Logitech ConferenceCam CC3000e yang pertama kali diperkenalkan pada awal 2014.

Kamera video conference yang dioptimalkan untuk konferensi workgroup hingga sepuluh orang ini sanggup menyiarkan video streaming beresolusi 1080p dengan kebutuhan bandwidth internet 650 Kbps.

Kamera Logitech ConferenceCam CC3000eLogitech Kamera Logitech ConferenceCam CC3000e
Penggunanya di Indonesia, kata Bayu, banyak berasal dari kalangan pemerintahan.

“Seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, Dirjen Pajak, dan lain-lain,” ujarnya melalui pesan singkat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.