Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2020, 13:28 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam rangka upaya membatasi penyebaran virus corona di Indonesia, seruan “work from home” belakangan jadi marak digaungkan.

Presiden Joko Widodo pun akhir pekan lalu mengimbau agar masyarakat kerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Imbauan itu diulangnya pada Senin (16/3/2020) kemarin, lewat foto Jokowi di tengah-tengah aktivitas video conferencing di Istana Bogor, Jawa Barat. Gambar diunggah ke akun resmi Jokowi di Instagram.

“Saya menggelar rapat jarak jauh dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju. Saya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Bapak Wakil Presiden, para menteri dam pejabat setingkat menteri di kantor masing-masing atau di mana saja berada,” tulis keterangan yang menyertai unggahan tersebut.

Dalam foto, Jokowi tampak duduk di sebuah kursi, menghadap layar televisi atau monitor berukuran besar. Di depan televisi terdapat sebuah kamera yang ditegakkan dengan perangkat tripod.

Jika diamati, kamera yang memiliki engsel berbentuk huruf “L” terbalik ini terlihat mirip dengan yang dibuat oleh Logitech.

Saat dihubungi oleh KompasTekno, Selasa (17/3/2020), Logitech Indonesia Video Collaboration Lead Bayu Eko Susetio mengatakan bahwa kamera dalam foto unggahan akun Instagram Jokowi adalah Logitech ConferenceCam CC3000e yang pertama kali diperkenalkan pada awal 2014.

Kamera video conference yang dioptimalkan untuk konferensi workgroup hingga sepuluh orang ini sanggup menyiarkan video streaming beresolusi 1080p dengan kebutuhan bandwidth internet 650 Kbps.

Kamera Logitech ConferenceCam CC3000eLogitech Kamera Logitech ConferenceCam CC3000e
Penggunanya di Indonesia, kata Bayu, banyak berasal dari kalangan pemerintahan.

“Seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, Dirjen Pajak, dan lain-lain,” ujarnya melalui pesan singkat.

Logitech ConferenceCam CC3000e dipasarkan dalam paket All-in-One HD Video and Audio Conferencing System dengan banderol mencapai belasan juta rupiah, namun kini tak dijual lagi.

“Sudah EOL (end-of life),” imbuh Bayu.

Logitech kini memiliki tawaran perangkat-perangkat serupa yang lebih baru, seperti PTZ 2 Pro dan seri Rally yang sama-sama merupakan kamera video conference.

Tampilan antarmuka perangkat lunak video conference ZoomZoom Tampilan antarmuka perangkat lunak video conference Zoom
Untuk perangkat lunaknya, layar dalam foto unggahan Jokowi memperlihatkan antarmuka yang mirip dengan software buatan Zoom, penyedia aneka alat dan layanan untuk konferensi jarak jauh.

Zoom mampu mengakomodir hingga ratusan partisipan dalam video conference. Perusahaan ini juga menyediakan layanan khusus untuk kalangan pemerintahan dengan keamanan yang ditingkatkan lewat enkripsi end-to-end.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com