Kompas.com - 17/03/2020, 13:28 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Dalam rangka upaya membatasi penyebaran virus corona di Indonesia, seruan “work from home” belakangan jadi marak digaungkan.

Presiden Joko Widodo pun akhir pekan lalu mengimbau agar masyarakat kerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Imbauan itu diulangnya pada Senin (16/3/2020) kemarin, lewat foto Jokowi di tengah-tengah aktivitas video conferencing di Istana Bogor, Jawa Barat. Gambar diunggah ke akun resmi Jokowi di Instagram.

“Saya menggelar rapat jarak jauh dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju. Saya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Bapak Wakil Presiden, para menteri dam pejabat setingkat menteri di kantor masing-masing atau di mana saja berada,” tulis keterangan yang menyertai unggahan tersebut.

Dalam foto, Jokowi tampak duduk di sebuah kursi, menghadap layar televisi atau monitor berukuran besar. Di depan televisi terdapat sebuah kamera yang ditegakkan dengan perangkat tripod.

Jika diamati, kamera yang memiliki engsel berbentuk huruf “L” terbalik ini terlihat mirip dengan yang dibuat oleh Logitech.

Saat dihubungi oleh KompasTekno, Selasa (17/3/2020), Logitech Indonesia Video Collaboration Lead Bayu Eko Susetio mengatakan bahwa kamera dalam foto unggahan akun Instagram Jokowi adalah Logitech ConferenceCam CC3000e yang pertama kali diperkenalkan pada awal 2014.

Kamera video conference yang dioptimalkan untuk konferensi workgroup hingga sepuluh orang ini sanggup menyiarkan video streaming beresolusi 1080p dengan kebutuhan bandwidth internet 650 Kbps.

Kamera Logitech ConferenceCam CC3000eLogitech Kamera Logitech ConferenceCam CC3000e
Penggunanya di Indonesia, kata Bayu, banyak berasal dari kalangan pemerintahan.

“Seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, Dirjen Pajak, dan lain-lain,” ujarnya melalui pesan singkat.

Logitech ConferenceCam CC3000e dipasarkan dalam paket All-in-One HD Video and Audio Conferencing System dengan banderol mencapai belasan juta rupiah, namun kini tak dijual lagi.

“Sudah EOL (end-of life),” imbuh Bayu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.