Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aplikasi untuk Rapat dari Rumah lewat Smartphone

Kompas.com - 17/03/2020, 14:36 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Virus corona mewabah hingga ke Indonesia. Pemerintah pun mengimbau perusahaan dan pekerja untuk menerapkan kebijakan work from home (WFH) alias bekerja dari rumah untuk meminimalisasi risiko penularan Covid-19.

Kendati tidak bisa bertemu langsung, pekerja profesional yang bekerja di rumah tetap terhubung dengan rekan-rekan kerja melalui berbagai aplikasi konferensi jarak jauh, baik untuk meeting maupun berdiskusi. Peserta rapat pun bisa banyak orang sekaligus.

Baca juga: Ini Software dan Kamera yang Dipakai Jokowi untuk Rapat Jarak Jauh

Aneka aplikasi teleconference yang memungkinkan hal ini banyak tersedia, termasuk di platform ponsel populer Android dan iOS. Berikut beberapa di antaranya, dirangkum KompasTekno dari Smartmeetings.com, Selasa (17/3/2020):

1. WhatsApp 

Aplikasi WhatsApp.PlayStore Aplikasi WhatsApp.

Selain bisa digunakan untuk chatting dengan rekan sejawat, WhatsApp juga bisa dipakai untuk rapat kerja atau sekadar berdiskusi jarak jauh.

Pengguna bisa langsung menggunakan fitur video call untuk melakukan panggilan atau menggelar meeting kecil-kecilan.

Baca juga: Kerja dari Rumah, Begini Cara Video Call Berempat Pakai WhatsApp

Perlu dicatat, WhatsApp hanya mengizinkan empat orang sekaligus (termasuk pengguna) untuk melakukan video call dalam satu panggilan. WhatsApp bisa diunduh di tautan ini (Android) dan ini (iOS).

2. Google Meet

Aplikasi Google Hangouts Meet.PlayStore Aplikasi Google Hangouts Meet.

Google memiliki aplikasi percakapan online bernama Hangouts Meet. Tidak seperti WhatsApp, Hangouts Meet mampu menampung hingga 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan video.

Karena milik Google, aplikasi ini  dibekali dengan sejumlah fitur Google, yakni bisa menampilkan captions secara otomatis dengan teknologi text-to-speec, serta jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar.

Orang lain juga bisa diundang untuk bergabung dalam sebuah ruangan meeting online dengan memasukkan "Meeting code" yang diberikan oleh penyelenggara percakapan video.

Google Meet versi Android bisa diunduh di tautan berikut. Sementara untuk versi iOS bisa di-download di tautan ini. Pengguna juga bisa langsung menikmati layanan Meet melalui versi web di tautan berikut.

3. Skype

Aplikasi Skype.PlayStore Aplikasi Skype.

Skype adalah aplikasi percakapan berbasis suara dan video besutan Microsoft. Aplikasi ini memungkinkan hingga 25 orang bertatap muka secara virtual dalam satu kali panggilan. 

Berbeda dengan beberapa aplikasi lain, Skype bisa diakses dari beragam perangkat, mencakup komputer (PC dan laptop), smartphone, hingga TV yang mendukungnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com