Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia Gratiskan Ongkir, Pengguna Bisa Belanja Tanpa Keluar Rumah

Kompas.com - 17/03/2020, 15:15 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah kekhawatiran masyarakat akan penyebaran wabah virus corona,  perusahaan e-commerce Tokopedia menggelar promo bebas ongkos kirim (ongkir) untuk seluruh penggunanya.

Pendiri sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan bahwa langkah itu diambil
agar pengguna dapat memenuhi kebutuhan bahan pokok lewat pembelian di platform e-commerce tersebut, tanpa terbebani dengan ongkir.

Belanja online, menurut William, bisa menjadi solusi untuk mengurangi risiko penularan virus corona. Hal tersebut juga sejalan dengan imbauan work from home yang belakangan marak digaungkan pemerintah.

Baca juga: Tokopedia Incar Pendanaan Rp 20 Triliun sebelum IPO

"Pengguna Tokopedia bisa dengan mudah mendapatkan kebutuhan akan produk-produk kesehatan dan kebutuhan pokok lainnya tanpa harus pergi ke tempat ramai. Dengan begitu kita juga sekaligus dapat mengurangi penggunaan uang tunai," kata William di Instagram.

Dia turut menjamin bahwa Tokopedia akan menjaga agar barang-barang kebutuhan pokok dijual dengan harga normal. "Saat ini kami percaya bahwa belanja online dapat membantu meredam penyebaran pandemi ini," lanjutnya.

Gratis ongkir hingga Rp 40.000

Saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (16/3/2020), Vice President of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan bahwa pihaknya menggratiskan ongkir hingga Rp 40.000. Alasannya senada dengan yang diutarakan oleh William.

“Agar masyarakat dapat memilih belanja secara online sebagai alternatif untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai, sekaligus mendorong bisnis lokal untuk terus beroperasi secara online,” ujar Nuraini saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Nuraini juga mengatakan bahwa Tokopedia akan terus mengedukasi para penjual di platform tersebut untuk memastikan bahwa produk kesehatan dan kebutuhan pokok lainnya dapat
dijual sesuai dengan harga pasar.

Baca juga: Sanksi Menanti Penjual Masker Mahal di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee

Selain bebas ongkir, Tokopedia juga memberlakukan potongan 100 persen biaya layanan terhadap mitra-mitra penjual di kategori tertentu yang saat ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tengah maraknya penyebaran virus corona.

Tokopedia turut menyediakan laman berisi rangkuman informasi perkembangan terkini menyangkut wabah Covid-19 di Indonesia yang bisa diakses melalui tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com