Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Gratiskan Kuota 30 GB untuk Bahaso, Cakap, Quipper, dan Zenius

Kompas.com - 18/03/2020, 10:27 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telkomsel semakin memperluas kerja samanya dengan beberapa aplikasi pendidikan untuk membantu program belajar dari rumah. Seperti diketahui, pemerintah mengimbau sekolah, agar para siswa belajar dari rumah.

Imbauan ini dilakukan untuk meminialisir penularan virus Covid-19 yang jumlahnya kian meningkat di Indonesia.

Setelah bekerja sama dengan Ruangguru, kini Telkomsel menggandeng empat startup pendidikan lain, yakni Zenius Education, Quipper, Cakap, dan Bahaso.

Kerja sama ini diwujudkan melalui paket Ilmupedia 30 GB, di mana pengguna simPATI, Kartu AS, Lopp, dan Kartu Halo bisa memanfaatkan fitur e-learning pada empat aplikasi tersebut secara gratis.

"Upaya ini merupakan bentuk gotong royong kami untuk memudahkan akses pembelajaran bagi pelajar, guru, dan orang tua, karena kami memahami proses belajar harus tetap terjaga di masa sulit seperti ini sekalipun," jelas Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro melalui keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (18/3/2020).

Akses cuma-cuma itu bisa dimanfaatkan selama 30 hari sejak diaktivasi. Paket ini bisa diaktivasi pengguna prabayara maupun pascabayar Telkomsel mulai 17 Maret 2020.

Baca juga: Cara Mengakses Ruangguru secara Gratis dengan Kuota 30 GB Telkomsel

Cara membeli paket Ilmupedia

Paket Ilmupedia bisa dibeli melalui aplikasi MyTelkomsel. Paket tersebut bisa ditemukan dengan mengklik menu "beli paket", kemudian pilih "internet", lalu pilih "bebas akses".

Nantinya akan muncul menu paket "Bebas Akses Ilmupedia" dengan besaran kuota 30 GB seharga Rp 0. Paket ini bisa digunakan untuk mengakses semua fitur di aplikasi Quipper, seperti Quipper video dan Quipper quiz.

Bisa juga mengakses fitur-fitur di aplikasi Cakap, di antaranya fitur Cakap private, Cakap live, Cakap group, dan Cakap chat. Untuk aplikasi Bahaso, bisa digunakan untuk mengakses Bahaso Lesson, Bahaso Talk, dan Bahaso Quiz.

Di aplikasi Zenius, pengguna bisa bebas mengakses semua fitur, seperti video materi, soal, dan tryout. Ketika mengkses fitur-fitur tersebut, kuota yang akan diambil berasal dari paket Ilmupedia bukan kuota reguler.

Namun, apabila mengakses fitur lain di luar fitur di atas, kuota yang dikonsumsi adalah kuota utama. Paket Ilmupedia hanya bisa dibeli satu kali untuk satu nomor ponsel.

Baca juga: Ini Software dan Kamera yang Dipakai Jokowi untuk Rapat Jarak Jauh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com