Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fotografer Darwis Triadi Jepret Objek Pakai Oppo Reno3, Hasilnya?

Kompas.com - 18/03/2020, 12:52 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo telah meluncurkan smartphone Reno series terbarunya, yakni Reno3, pada sebuah acara peluncuran online, Selasa (17/3/2020) di Jakarta.

Ponsel kelas menengah Oppo ini hadir dengan beragam fitur unggulan, terutama dari sektor kamera. Oppo menggandeng fotografer lokal ternama, Darwis Triadi, untuk melihat kebolehan kamera ponsel Reno3 ini.

Hasil foto yang Darwis Triadi ambil menggunakan Oppo Reno Series, termasuk Reno3, dipamerkan di dalam satu bagian di gelaran pameran bertajuk "Perempuan yang Tak Bisa Dieja" yang digelar di Museum Nasional Jakarta sejak 20 Februari hingga 20 Maret mendatang.

Beberapa hasil jepretan Darwis yang memakai perangkat Reno3 bisa dilihat di gambar berikut.

Hasil foto kamera 48 megapiksel Oppo Reno3 jepretan Darwis Triadi.Oppo/DarwisTriadi Hasil foto kamera 48 megapiksel Oppo Reno3 jepretan Darwis Triadi.

Bisa dilihat, foto yang dihasilkan memiliki detail yang cukup bagus meski pencahayaannya tidak menerangi seluruh titik. Mengapa? Karena Reno3 mengandalkan kamera utama 48 MP yang memiliki fitur Ultra Clear 108 MP.

Seperti namanya, kamera utama ponsel bisa menghasilkan foto dengan resolusi setara 108 MP dengan teknik menggabungkan beberapa foto menjadi satu, alias stitching

Dengan begitu, foto diklaim bakal memiliki detail yang cukup baik, bahkan jika dicetak dengan ukuran hingga puluhan meter.

Darwis sendiri mengandalkan mode Manual atau Expert (Pro) untuk penjepretannya, sehingga Reno3 bisa digunakan bak kamera DSLR untuk mengatur segala komponen pemotretan, seperti ISO, lebih lanjut.

Baca juga: Begini Hasil Jepretan Kamera Ponsel Oppo Reno3

Selain menggunakan kamera utama, Darwis juta memanfaatkan kamera mono lens 2 MP yang mampu memotret objek dengan komposisi warna hitam putih yang hasilnya tampak apik, seperti bisa disimak di gambar berikut.

Hasil foto Oppo Reno3 jepretan Darwis Triadi menggunakan mono lens.Oppo/DarwisTriadi Hasil foto Oppo Reno3 jepretan Darwis Triadi menggunakan mono lens.

Dengan hasil foto seperti ini, apalagi dengan kehadiran mode manual di aplikasi kamera Reno3, Darwis mengungkapkan bahwa smartphone Reno Series sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh para pecinta fotografi untuk mengabadikan beragam momen.

“Smartphone seperti Oppo Reno Series ini memberikan kebebasan dan kemudahan bagi para penyuka fotografi untuk dapat mengabadikan momen-momen indah dan penting dengan cepat," ungkap Darwis dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

"Prinsipnya adalah memaksimalkan cahaya untuk mengeksplorasi objek foto,” katanya.

Baca juga: Ada yang Beda dari Oppo Reno3 Versi Indonesia

Oppo Reno3 dibekali kamera resolusi 48MP Zoom Quadcam. Artinya, ada empat lensa yang nangkring di punggung Reno3.

Kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.79), kamera telefoto 13 MP (5x hybrid zoom, 20x digital zoom f/2.4), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera monokrom 2 MP (f/2.4).

Sementara untuk selfie, Reno3 dibekali kamera depan yang memiliki resolusi 44 megapiksel (f/2.45).

Harga Oppo Reno3 di Indonesia adalah Rp 5.199.000. Pre-order Reno3 akan dibuka mulai 17-26 Maret 2020. (Baca juga: Oppo Reno3 Resmi di Indonesia, Harga Rp 5,2 Juta)

Simak video hands-on Oppo Reno3 yang direkam KompasTekno di Swiss pada pertengahan Februari lalu, https://www.youtube.com/watch?v=NNfWaFP-8-g.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com