Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Bulan Setelah Dirilis, Layanan Streaming Game Samsung Disetop

Kompas.com - 18/03/2020, 15:01 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung memperkenalkan platform streaming game besutannya bernama "PlayGalaxy Link", bersamaan dengan momen peluncuran Galaxy Note 10 pada Agustus 2019.

Kini, tujuh bulan setelah diluncurkan, layanan cloud gaming mirip Google Stadia dan Project xCloud dari Microsoft itu justru malah akan disetop.

Hal tersebut bisa diketahui dari sebuah jendela pemberitahuan yang akan muncul jika Anda membuka situs PlayGalaxy.com.

"Setelah dibicarakan dengan matang, (layanan) PlayGalaxy Link akan disetop pada 27 Maret 2020 karena adanya perubahan kebijakan internal," ujar pihak Samsung dalam pengumuman di situs PlayGalaxy.com.

Baca juga: Google Stadia Sudah Bisa Dimainkan di Samsung Galaxy, Asus, dan Razer

Terlepas dari perubahan di ranah internal, Samsung tampaknya tidak mengumbar apa sebenarnya yang menjadi penyebab utama penutupan layanan gaming ini. 

Namun, mereka mengatakan, pemberhentian layanan bakal dimanfaatkan untuk menggodok layanan baru, yang bisa saja lebih potensial ketimbang PlayGalaxy Link, meski tidak disebutkan apa nama layanan tersebut.

Meski PlayGalaxy Link dihentikan, Samsung memastikan gamer masih bisa menikmati layanan streaming game yang disediakan oleh salah satu mitranya, yaitu Parsec. Layanan dari Parsec sendiri bisa dinikmati secara cuma-cuma di tautan berikut ini.  

Sebagai informasi, PlayGalaxy Link merupakan layanan cloud gaming yang memungkinkan pengguna smartphone Galaxy, dalam hal ini Galaxy Note 10, memainkan aneka game PC yang terpasang di aplikasi PlayGalaxy Link di komputer mereka. 

Baca juga: Microsoft Luncurkan Fitur Cloud Gaming Project xCloud untuk Xbox

Untuk bisa memainkan game tersebut secara optimal, pengguna sejatinya membutuhkan koneksi internet yang ngebut, bisa Wi-Fi maupun jaringan 5G, serta komputer dengan spesifikasi yang mumpuni.

Pengguna juga bisa menggunakan gamepad yang disediakan Samsung bernama "Glap controller" yang bisa dipakai untuk memainkan game PC dengan mudah di layar ponsel.

Kendati demikian, persaingan dengan platform lain, seperti Steam Link, Google Stadia, hingga Project xCloud, agaknya membuat PlayGalaxy Link memutuskan untuk pamit dari dunia cloud gaming, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidAuthority, Rabu (18/3/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com