Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penonton Twitch Melonjak karena "WFH"

Kompas.com - 18/03/2020, 17:14 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber dotesports

KOMPAS.com - Belakangan ini, kebijakan work from home (WfH) alias bekerja di rumah telah diberlakukan di sejumlah negara untuk menghindari persebaran virus corona.

Kesempatan ini nampaknya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menghabiskan waktu dengan menonton layanan video streaming seperti Twitch.

Akibatnya, jumlah penonton platform video streaming ini mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Jika dihitung sejak tanggal 11 Maret 2020 hingga 17 Maret 2020, jumlah penonton secara keseluruhan meningkat sebesar 14 persen.  

Menurut firma analis data e-sports, Stream Hatchet, jumlah penonton Twitch memang telah merangkak naik sejak November 2019 lalu. Namun peningkatan kali ini berbeda, karena persentasenya yang tinggi. 

Baca juga: Marak di Wabah Corona, Begini Cara Kerja Termometer Tembak untuk Cek Suhu Tubuh

Pada bulan Februari 2020 lalu, pertumbuhan jumlah penonton Twitch merangkak menuju 10 persen sejak November 2019. 

Namun, dengan adanya kebijakan work from home dan rekomendasi pemerintah di sejumlah negara untuk mengisolasi diri di rumah, hanya butuh waktu selama satu minggu (11 Maret 2020-17 Maret 2020) bagi Twitch untuk mencapai angka peningkatan penonton hingga 14 persen. 

Berdasarkan data tersebut, diketahui bahwa dalam beberapa waktu terakhir, jumlah penonton Twitch telah mencapai 239 juta. Akan tetapi, pihak Stream Hatchet tidak menyebutkan secara rinci berapa angka penonton Twitch sebelum terjadi lonjakan tersebut. 

Tahun lalu, besarnya angka penonton Twicth didorong oleh berbagai ajang turnamen e-sports yang ditayangkan melalui streaming. 

Namun kondisi saat ini berbeda di mana banyak turnamen bergengsi yang dibatalkan demi menghindari persebaran corona. 

Baca juga: Google Gagal, Amazon Caplok Twitch Rp 11 Triliun

Salah satunya yang terbaru adalah PUBG Mobile Pro League (PMPL) 2020 yang harus ditunda hingga tahun depan. 

Dirangkum KompasTekno dari dotesports, Rabu (18/3/2020), tahun ini, jumlah penonton terbanyak disumbangkan oleh para kreator konten game Call of Duty.

Summit1g merupakan salah satu streamer Twitch paling populer dengan total waktu tonton sebanyak 3,3 juta jam tayang.

Streamer ini juga sempat memimpin pada tahun lalu dengan memboyong game Grand Theft Auto (GTA) diangka 3,1 juta jam tayang.

Baca juga: Cara Mengakses Ruangguru secara Gratis dengan Kuota 30 GB Telkomsel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dotesports


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com