Xiaomi Patenkan Desain Ponsel dengan "Kamera Lipat"

Kompas.com - 18/03/2020, 19:45 WIB
Logo Xiaomi terpajang di kantor pusat Xiaomi Indonesia yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta. YUDHA PRATOMO/KOMPAS.comLogo Xiaomi terpajang di kantor pusat Xiaomi Indonesia yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

KOMPAS.com - Tren ponsel dengan layar yang dapat dilipat (foldable phone) tampaknya semakin dilirik oleh para vendor smartphone. 

Xiaomi pun tak mau ketinggalan. Perusahaan asal China ini mematenkan sebuah desain ponsel layar lipat. 

Desain ini dipatenkan Xiaomi melalui Kantor Kekayaan Intelektual China (CNIPA) beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan foldable phone yang sudah ada di pasar, dari desain yang dipatenkan Xiaomi, layar yang dapat dilihat hanya pada bagian atas, tepatnya pada area kamera depan. 

Bagian layar tersebut, dapat ditekuk ke belakang. Sehingga, kamera selfie yang semula berada di depan akan beralih fungsi menjadi kamera belakang. 

Baca juga: Xiaomi Janji Tidak Naikkan Harga Meski Kena Imbas Corona

Berdasarkan desain yang dipatenkan, bagian belakang ponsel ini terlihat bersih dan tidak terlihat adanya modul apapun. Sementara pada bagian muka, terlihat dua lingkaran besar dan satu lingkaran kecil di bagian atas layar.

Paten ponsel lipat Xiaomi dengan desain clamshellphonearena.com Paten ponsel lipat Xiaomi dengan desain clamshell

Dua lingkaran tersebut kemungkinan adalah kamera yang bisa ditekuk ke belakang. Sementara satu lingkaran kecil kemungkinan adalah lampu flash.  

Selain bentuk lipatan layar dan kamera, tidak banyak informasi yang bisa diperoleh dari desain tersebut.

Pada sisi kanan terlihat adanya tombol volume dan power. Sementara di sisi kiri terdapat satu buah tombol yang belum diketahui fungsinya.  

Paten ponsel lipat Xiaomi dengan desain clamshellphonearena.com Paten ponsel lipat Xiaomi dengan desain clamshell

Menggunakan kamera yang dapat diubah ke depan dan belakang, sejatinya bukanlah ide baru. Asus Zenfone 6 juga punya ide yang serupa. Kamera belakang Zenfone 6 dapat diputar ke depan saat akan mengambil gambar selfie.

Baca juga: Asus Zenfone 6 Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp 7 Juta

Dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (18/3/2020) meski begitu, desain ini baru sebatas pengajuan paten semata, tidak banyak informasi yang bisa diungkap.

Selain itu, perlu diingat bahwa meski paten telah diajukan, belum tentu desain ponsel di atas akan benar-benar diproduksi oleh Xiaomi.

 

 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber phonearena
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X