Sony Ungkap Spesifikasi PS5, Pakai SSD dan Prosesor AMD

Kompas.com - 19/03/2020, 07:03 WIB
Logo PlayStation di TGS 2019 KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoLogo PlayStation di TGS 2019

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, Microsoft mengungkap spesifikasi konsol Xbox Series X kepada publik. Seolah tak mau kalah, Sony pun kini turut melakukan hal serupa. 

Perusahaan teknologi asal Jepang ini, membeberkan detail dan spesifikasi dari konsol PlayStation 5 ( PS5). Melalui sebuah video live-streaming, Sony membahas lebih lanjut mengenai jeroan dan komponen pada PS5.

Menurut Lead System Architect of Playstation 5, Mark Cerny, Sony akan menggunakan solid-state drive (SSD) sebagai media penyimpanan. Hal ini sesuai dengan prediksi sejumlah analis.

SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat ketimbang hard disk drive (HDD).

Ia mengatakan, pada HDD, perangkat akan membutuhkan waktu baca selama 2 hingga 50 milidetik untuk memuat data sebesar 50-100 MB. Sementara penggunaan SSD dinilai lebih efisien.

Menurut Mark, SSD memiliki performa 10 kali lebih cepat dibanding HDD. Bahkan untuk membaca sebuah game, hanya membutuhkan waktu 2,7 detik saja.

Baca juga: AMD Sebut Jadwal Rilis PS5 dan Xbox Series X Tak Terpengaruh Corona

"Pada hard disk, dua pertiga waktu dihabiskan untuk mencari lokasi data dan sisa waktu lainnya untuk memuat data. Total waktu 20 detik untuk memuat game. Ini dinilai terlalu lambat," terang Mark.

Ia pun menyebut bahwa PS5 akan dibekali dengan penyimpanan SSD internal berkapasitas 825 GB. Kapasitas ini masih dapat diperluas karena Sony menyediakan slot SSD tambahan pada perangkat PS5. 

Selain itu, Sony juga menyediakan port USB yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan HDD eksternal.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (19/3/2020), penggunaan harddisk eksternal tersebut dapat digunakan untuk fitur backward compatibility di mana pengguna bisa memainkan game PlayStation 4 melalui HDD.  

Konsol anyar ini juga akan hadir dengan prosesor AMD Zen 2 (octa-core) berkecepatan 3,5 GHz beserta prosesor grafis berbasis RDNA 2 milik AMD. PS5 juga akan dibekali dengan RAM 16 GB.

Baca juga: Inikah Wujud Asli Konsol Game PS5?

Sony juga mengungkap bahwa konsol ini telah mampu mendukung gambar baik pada resolusi 4K maupun 8K. Konsol ini juga akan bisa membaca game dari piringan Ultra High Definition (UHD) Blue-Ray.

Meski telah membeberkan sektor dapur pacunya, hingga saat ini Sony masih belum mengungkap wujud nyata dari PS5. 

Sementara untuk tanggal peluncuran, Sony menyebut bakal menghadirkan konsol ini pada akhir tahun 2020. Kita tunggu saja.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X