Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trafik Data Telkomsel Terdongkrak oleh Kegiatan Belajar dari Rumah

Kompas.com - 19/03/2020, 16:16 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Imbauan bekerja dan belajar dari rumah, alias work from home (WFH), membuat trafik layanan data (payload) Telkomsel meningkat dibanding hari biasanya.

Secara spesifik, platform sistem pembelajaran berbasis digital (e-learning) menyumbang trafik terbesar dengan peningkatan payload mencapai ratusan persen.

Hal ini disampaikan oleh Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, dalam sebuah keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (19/3/2020).

"Telkomsel mencatat kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital
yang disumbang oleh tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) yang mencapai 236 persen," ujar Denny.

Baca juga: Telkomsel Gratiskan Kuota 30 GB untuk Bahaso, Cakap, Quipper, dan Zenius

Denny tidak mengumbar aplikasi atau platform e-learning apa yang menyumbang payload terbesar di jaringan Telkomsel. Ada beberapa yang tersedia di masyarakat, seperti  Ruangguru, Bahaso, Cakap, Quipper, Zenius, dan lain sebagainya.

Selain e-learning, peningkatan payload juga terjadi di sejumlah kategori lainnya, seperti dari aplikasi komunikasi pesan instan (19 persen), game online (13 persen), hingga penggunaan cloud storage (10,4 persen).

Pemanfaatan layanan content provider, digital advertising, video streaming, hingga browsing juga disebut turut naik, dengan masing-masing peningkatan mencapai 8,2 persen, 7,5 persen, 7,3 persen, dan 5,2 persen.

Trafik layanan data dan digital sendiri secara keseluruhan meningkat 5 persen dibanding periode sebelum diberlakukannya imbauan WFH. Sedangkan, untuk layanan suara dan SMS cenderung stabil alias tidak ada peningkatan yang signifikan.

Peningkatan trafik payload yang paling besar berasal dari wilayah operasional Telkomsel di Regional Jawa Barat (7,9%), Jawa Tengah (6,9%), Jawa Timur (5%), Sumatera Bagian Tengah (4,7%) dan Sumatera Bagian Selatan (4.2%).

Baca juga: Cara Mengakses Ruangguru secara Gratis dengan Kuota 30 GB Telkomsel

Sebelumnya, Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah.

Hal tersebut dilakukan sebagai respon dari diberlakukannya kebijakan WFH oleh sejumlah perusahaan dan sekolah, di mana imbauan WFH sendiri dikeluarkan oleh pemerintah untuk meminimalisir risiko penyebaran virus corona (Covid-19).

Pengamanan jaringan Telkomsel difokuskan di wilayah residensial dan juga titik posko penanggulangan Covid-19 seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com