Mode Gelap Facebook untuk Desktop Mulai Disebar Hari Ini

Kompas.com - 20/03/2020, 15:02 WIB
Tampilan Dark Mode Facebook versi web 9to5Mac.comTampilan Dark Mode Facebook versi web

KOMPAS.com - Pada Januari lalu, Facebook menguji coba tampilan baru versi desktop kepada sejumlah pengguna. Kini, pembaruan itu resmi digulirkan untuk semua, di mana di dalamnya terdapat tampilan mode gelap.

"Mulai hari ini, sebagian besar pengguna Facebook akan mendapatkan akses ke tampilan baru Facebook," kata perwakilan Facebook, dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (20/3/2020).

Pengguna Facebook, termasuk di Indonesia, yang telah mendapatkan update, bisa mengaktifkan mode gelap bawaan lewat menu Settings/pengaturan, dengan mengklik ikon anak panah ke bawah yang ada di pojok kanan atas Facebook desktop.

Baca juga: Penelitian Ungkap Mode Gelap di Smartphone Bisa Merusak Pola Tidur

Kemudian, aktifkan tombol "mode gelap" jika menginginkannya. Mode ini bisa diaktifkan dan dinon-aktifkan kapan saja. Pengguna juga bisa kembali menggunakan tampilan Facebook klasik kapan saja, lewat menu pengaturan yang sama.

Namun, jika Anda belum menemukan opsi ke tampilan Facebook baru, harap bersabar, sebab update ini diberikan Facebook secara bertahap.

 

Tampilan Facebook klasik (bawah) dan tampilan baru yang dilengkapi dengan mode gelap (atas).Tech Crunch Tampilan Facebook klasik (bawah) dan tampilan baru yang dilengkapi dengan mode gelap (atas).

Secara keseluruhan, tampilan baru Facebook ini lebih "segar", ukuran ikon dan tulisan tampak lebih besar dibanding sebelumnya. Jarak antar menu juga lebih lebar, sehingga menimbulkan kesan lebih rapi.

Baca juga: Dark Mode WhatsApp Akhirnya Tersedia di Indonesia, Begini Cara Pakainya

Sisi kanan dan kiri tampilan atau biasa disebut sidebar sejatinya tidak terlalu banyak berubah. Susunan menunya masih sama seperti versi klasik. Sidebar kanan masih oleh menu grup, halaman, game, marketplace, dan sebagainya.

Hanya ada sedikit perbedaan di sisi kiri yakni menu tab chat yang tidak lagi berada di sisi bawah layar. Tab chat kini berpindah tepat di bawah seksi sponsor.

Sedikit perubahan tata letak juga terjadi di area tengah. Facebook Stories kini berada di sisi paling atas, menggantikan posisi kolom status yang berpindah di bawah Facebook Stories.

Versi mobile

Untuk mode gelap Facebook versi mobile, Facebook saat ini baru menggulirkannya untuk Facebook Lite versi 185.0.0.6.118. Fitur ini akan secara otomatis dapat ditemukan pada menu "setelan" setelah pengguna melakukan pembaruan.

Untuk bisa mencobanya, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh versi terbaru dari Facebook Lite. Setelah diunduh, pengguna bisa langsung mencoba tampilan dark mode dengan mengikuti beberapa langkah mudah.

Untuk mengaktifkan dark mode, pengguna cukup menekan ikon tiga garis vertikal yang ada di pojok kanan atas aplikasi Facebook Lite. Kemudian gulir ke bawah hingga menemukan menu dark mode.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X