Salah Sebut Bobot Find X2, Oppo Tawarkan "Refund"

Kompas.com - 20/03/2020, 18:14 WIB
Render digital dari smartphone Oppo Find X2 yang rencananya akan dirilis Maret 2020. Hands-outRender digital dari smartphone Oppo Find X2 yang rencananya akan dirilis Maret 2020.

KOMPAS.com - Akibat salah menyebutkan bobot ponsel Find X2, perusahaan ponsel China, Oppo berkomitmen untuk menawarkan penarikan produk dan pengembalian uang (refund) bagi konsumen yang sudah terlanjur membeli.

Wakil Presiden Oppo China, Shen Yiren, sebelumnya juga sudah meminta maaf atas kesalahan yang mereka lakukan di halaman produk Find X2, lewat postingan di akun Weibo beberapa waktu lalu.

Pasalnya dalam halaman itu tertulis bahwa bobot ponsel Find X2 yang tercantum lebih rendah dibandingkan bobot yang sebenarnya. Konsumen yang kecewa setelah mendapati perangkat yang dibeli ternyata lebih berat, bisa meminta refund.

Baca juga: Membandingkan Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Apa Saja Bedanya?

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (20/3/2020), dalam laman Weibo itu, Oppo menyebut bahwa berat ponsel Find X2 dengan materi kaca adalah 187 gram, sedangkan berat sebenarnya yang resmi terdaftar adalah 192 gram.

Bahkan model Oppo Find X2 berbodi keramik yang berat aslinya 209 gram, ditulis196 gram. Tak hanya itu, Oppo juga salah mencantumkan bobot ponsel Find X2 Pro dengan bodi materi keramik, yang ditulis 10 gram lebih ringan.

Oppo tidak menjelaskan secara detail bagaimana mekanisme pengembalian produk jika konsumen merasa kecewa dan terlanjur membeli kedua ponsel tersebut.

Program refund akibat salah tulis bobot ini dipastikan hanya untuk konsumen di China, tidak berlaku di Indonesia, seperti dikonfirmasi oleh Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

"Karena diumumkan melalui channel pribadi Brian Shen pada jaringan Weibo, sosial media tersebut memang sarana untuk mengabarkan ke lokal market Tiongkok (China)," ujar Aryo kepada KompasTekno.

Oppo Find X2 dan Find X2 Pro sendiri baru dirilis pada awal Maret lalu, lewat siaran langsung di kanal YouTube resmi Oppo.

Dibanding pendahulunya yaitu Find X yang rilis tahun 2018, Oppo Find X2 dan Find X2 Pro ini membawa sejumlah peningkatan.

Baca juga: 5 Fitur Andalan Oppo Find X2 dan Find X2 Pro

Peningkatan pertama ada di bagian layar. Layar berbentang 6,7 di Find X2 dan Find X2 Pro
telah didukung refresh rate 120 Hz. Fitur itu kini banyak diadopsi oleh smartphone flagship
untuk mendukung visual gerakan mulus di layar, terutama saat bermain game.

Kedua ponsel yang dibekali chipset Snapdragon 865 inipun sama-sama memiliki kamera depan dengan resolusi 32 megapiksel.

Di Indonesia, harga Oppo Find X2 dibanderol Rp 15 juta dengan konfigurasi RAM 12 GB dan ROM 256 GB. Sedangkan harga Oppo Find X2 Pro dibanderol Rp 18 juta dengan RAM 12GB dan ROM 512GB.

 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber gsmarena
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X