Pesan DM Instagram Bakal Bisa Terhapus Sendiri?

Kompas.com - 21/03/2020, 11:02 WIB
Tampilan Instagram dengan mode gelap. KOMPAS.com/Bill ClintenTampilan Instagram dengan mode gelap.

KOMPAS.com - Instagram tengah menyiapkan fitur baru pada layanan pesan singkatnya atau Direct Message (DM). Fitur ini memungkinkan pesan yang telah dikirim, menghilang secara otomatis setelah pengguna menutup halaman Direct Message.

Jane Manchun Wong, seorang spesialis reverse engineering, mengaku pertama kali menemukan fitur tersebut melalui kode berlabel "speak no evil" yang tersembunyi di baris kode Instagram.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Pesan yang Bisa Terhapus Sendiri

Jane pun turut memperagakan fitur ini pada gambar bergerak yang ia unggah, melalui akun Twitter pribadinya.

Melalui gambar format GIF tersebut, Jane menampilkan layar Direct Message yang bernuansa gelap. Pada layar tersebut pun Jane mengirim beberapa pesan singkat. Usai menulis beberapa pesan tersebut Jane segera meninggalkan layar hitam Direct Message.

Namun ketika ia kembali masuk ke layar yang sama, pesan yang sebelumnya telah terkirim kini telah hilang secara otomatis. Meski begitu, layar hitam tersebut masih meninggalkan jejak berupa tulisan "seen" yang terlihat jelas.

Tanggapan Facebook

Menanggapi hal tersebut, Facebook selaku pemilik Instagram, mengatakan bahwa fitur tersebut masih belum diuji coba secara publik.

"Fitur ini masih dalam tahap pengembangan awal dan belum diuji secara eksternal," tulis Facebook melalui akun Twitter resminya.

Sebenarnya fitur pesan yang menghilang secara otomatis ini telah lama hadir di Instagram. Bedanya, saat ini fitur tersebut hanya berlaku ketika pengguna mengirim foto atau video melalui Direct Message.

Saat ini terdapat pilihan “view once”, “allow replay” atau “keep in chat” saat pengguna mengirim foto atau video lewat DM.

Baca juga: Bos Snapchat Ramal TikTok Bakal Kalahkan Instagram

Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Sabtu (21/3/2020), selain Instagram, fitur pesan yang bisa menghilang ini (ephermal) juga sudah dimiliki di Snapchat.

Platform aplikasi berbagi video singkat tersebut sempat populer di masanya. Namun kini Instagram mengusik eksistensi Snapchat.

Menurut badan analisa Statista, saat ini Instagram memiliki 500 juta pengguna yang aktif mengunggah stories setiap harinya. Jumlah ini terlihat kontras dengan jumlah pengguna Snapchat yang hanya mencapai angka 218 juta secara keseluruhan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X