Awasi Anak Belajar di Rumah dengan Google Family Link

Kompas.com - 21/03/2020, 12:22 WIB
Google Family Link 9to5googleGoogle Family Link

KOMPAS.com - #Dirumahaja. Begitulah tagar yang wara-wiri di media sosial. Demi meminimalisir penularan wabah Covid-19 di Indonesia, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing dengan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Bukan perkara mudah bagi sebagian orang, terutama orang tua agar tetap bisa bekerja sambil mengawasi anak yang juga harus belajar di rumah. Apalagi jika si orangtua harus menyelesaikan pekerjaannya sendiri.

Bagimana bisa tetap mengontrol anak agak tidak "curi-curi" waktu bermain aplikasi lain saat harus belajar online di rumah? Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi Family Link.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan para orangtua mengontrol smartphone anak. Dengan aplikasi ini, orangtua memiliki kontrol untuk meyetujui dan memblokir aplikasi apa saja yang boleh diunduh dari Google Play Store.

Baca juga: 5 Aplikasi Karaoke untuk Temani Aktivitas Kerja dari Rumah

Fitur di aplikasi Family LinkGoogle Fitur di aplikasi Family Link

Orangtua pun bisa mengevaluasi berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anaknya untuk mengakses aplikasi di Android. Mereka juga bisa membatasi waktu bermain di masing-masing aplikasi yang diakses putra-putrinya.

Apabila tiba waktu untuk istirahat, orangtua bisa mengatur waktu untuk tidur, lalu mengunci smartphone anak dari jarak jauh.

Melalui Family Link, orangtua juga bisa melacak lokasi anak dengan mendeteksi keberadaan smartphone mereka.

Cara menggunakan Family Link

Aplikasi Family Link bisa diunduh di Google Play Store di tautan berikut dan juga melalui Apple App Store di tautan ini. Family Link akan kompatibel di perangkat orangtua yang berjalan di Android versi 4.4 ke atas, serta iPhone atau iPad yang berjalan dengan iOS 9 ke atas.

Baca juga: 7 Aplikasi untuk Rapat dari Rumah lewat Smartphone

Sementara, perangkat anak-anak yang kompatibel, minimal harus berjalan dengan sistem operasi Android 7.0 ke atas, namun tidak menutup kemungkinan bagi perangkat Android versi 5.0 dan 6.0 untuk menggunakan Family Link. Aplikasi ini juga bisa berfungsi di Chromebook.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, apa pun platorm yang digunakan, orangtua harus memiliki akun Google, kemudian memasukkan data tanggal lahir anak.

Bagi anak-anak di bawah umur 13 tahun, akan dimintai persetujuan orangtua untuk membuat akun. Untuk memproses verifikasi akun bagi anak, Google akan meminta nomor kartu kredit orangtua, meskipun Google mengklaim tidak akan memungut biaya untuk akses Family Link.

Apabila aplikasi Family Link telah terpasang, orangtua bisa memilih aplikasi dan pengaturan yang diinginkan. Setelah pengaturan selesai, orangtua mulai bisa mengawasi anak melalui smartphone mereka.

Baca juga: Mengatur Waktu saat Kerja dari Rumah Lewat Aplikasi Toggl

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X