Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Luncurkan Halaman Khusus Informasi Virus Corona

Kompas.com - 22/03/2020, 17:43 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perhatian dunia kini tertuju pada wabah corona. Diketahui, persebaran virus ini semakin meluas ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Demi meminimalisasi dampak persebaran virus tersebut, Google baru-baru ini meluncurkan sebuah halaman khusus yang berisikan informasi tentang covid-19 .

Tak hanya informasi soal persebaran, ada pula pengatahuan umum soal covid-19, gejala penyakit, cara pencegahan, hingga metode pengobatan.

Halaman ini berisi artikel, video, hingga infografis yang diambil dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

"Orang-orang dapat menemukan informasi berdasarkan negara. Ada pula tips keselamatan dan pencegahan, tren pencarian terkait dengan COVID-19, dan informasi lain untuk individu, pendidik, dan bisnis," tulis Google.

Baca juga: Perangi Hoaks Corona, WhatsApp Bikin Website dan Sumbang Rp 15 Miliar

Tampilan situs Google Covid-19. Gambar pertama (paling kiri) menampilkan seluk-beluk virus corona, gambar kedua (tengah) peta persebaran Covid-19, dan gambar ketiga (kanan) tips berupa video untuk menjalankan kegiatan sehari-hari di tengah wabah Covid-19.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan situs Google Covid-19. Gambar pertama (paling kiri) menampilkan seluk-beluk virus corona, gambar kedua (tengah) peta persebaran Covid-19, dan gambar ketiga (kanan) tips berupa video untuk menjalankan kegiatan sehari-hari di tengah wabah Covid-19.

Selain informasi umum terkait corona, Google juga menghadirkan peta yang menampilkan persebaran wabah virus corona di seluruh penjuru dunia, lengkap dengan jumlah kasus covid-19 yang terkonfirmasi.

Ada pula kolom Google Trends yang menampilkan beragam kata kunci populer terkait virus corona yang pengguna cari lewat mesin pencari Google.

Selain itu, Google juga memberikan sejumlah tips untuk memudahkan para pengguna di tengah pandemik Covid-19

Beberapa di antaranya seperti video dan artikel tips bekerja dari rumah (work from home), video panduan untuk olahraga, meditasi, hingga memasak. 

Baca juga: Bebas Kuota Internet, Akses ke Situs Resmi Penanganan Corona di Indonesia

Seluruh informasi yang ada di halaman khusus ini juga akan muncul pada halaman pertama pencarian Google jika pengguna mencari sesuatu dengan kata kunci virus corona.

Meski baru diluncurkan untuk wilayah Amerika Serikat, Google mengatakan akan merilis halaman khusus covid-19 untuk negara lain dalam beberapa waktu ke depan.  

Halaman khusus tersebut bisa diakses melalui tautan berikut ini.

Sebelumnya, sejumlah perusahaan teknologi saling bekerja sama untuk memberantas informasi hoaks terkait corona yang beredar di dunia maya.

Mereka juga bekerja sama dengan badan kesehatan dunia agar para pengguna bisa mendapat informasi akurat tentang virus corona dan Covid-19.

Baca juga: Facebook, Google, Twitter dkk Kerja Sama Perangi Hoaks Virus Corona

Perusahaan-perusahaan teknologi dan media sosial asal AS ini juga sepakat mengedepankan konten yang berasal dari otoritas resmi di platform masing-masing, serta menyalurkan update lewat koordinasi dengan dinas-dinas kesehatan dari pemerintah di seluruh dunia.

Sejumlah perusahaan teknologi dan media sosial tersebut di antaranya adalah Google, Facebook, Twitter, Microsoft, YouTube, LinkedIn, hingga Reddit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com