Kompas.com - 23/03/2020, 13:27 WIB

KOMPAS.com - Akibat wabah corona yang meluas, sejumlah negara di Eropa memberlakukan kebijakan lockdown dan meminta masyarakatnya untuk mengkarantina diri di rumah masing-masing. 

Kebijakan tersebut membuat masyarakat yang mengurung diri di rumah, mengandalkan internet sebagai hiburan. 

Kondisi inilah yang melatarbelakangi Netflix dan YouTube untuk mengurangi kualitas video streaming pada platform-nya di wilayah Eropa. 

Langkah tersebut diambil Netflix dan YouTube untuk mencegah terjadinya lonjakan trafik dan mengurangi beban pada jaringan broadband.

Langkah tersebut diambil setelah Kepala Industri wilayah Uni Eropa, Thierry Breton, memanggil sejumlah penyedia layanan video streaming dan meminta mereka untuk turut mengurangi beban infrastruktur internet di sana. 

Diketahui bahwa saat ini, terjadi lonjakan trafik internet di wilayah Eropa karena masyarakat hanya bisa berdiam diri di rumah demi meminimalisasi risiko terinfeksi virus corona. 

Perusahaan telekomunikasi Vodafone di Inggris mencatat bahwa semenjak pemerintah menyarankan masyarakat berdiam diri di dalam rumah, lonjakan trafik layanan data pun turut melonjak.

Baca juga: Tangkal Hoaks, YouTube Bikin Halaman Khusus Video Corona

Perusahaan mencatat bahwa lalu-lintas data mengalami peningkatan hingga 50 persen di Eropa pada pekan ini yang terjadi hingga pukul 9 malam setiap hari waktu setempat.

Sementara, operator seluler Telecom Italia juga menyebut bahwa lonjakan trafik data mengalami peningkatan hingga 75 persen pada saat akhir pekan lalu.

Menanggapi permintaan ini, YouTube mengatakan bahwa pihaknya hanya akan menyediakan layanan video streaming dengan kualitas standar selama 30 hari ke depan di Eropa.

Halaman:
Sumber TechRadar


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.