Aplikasi Waze Tampilkan Info Lokasi RS Rujukan Penanganan Covid-19

Kompas.com - 23/03/2020, 14:32 WIB
Ilustrasi Waze IstIlustrasi Waze

KOMPAS.com - Aplikasi peta Waze merilis update untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 akibat persebaran virus corona di Indonesia.

Kini pengguna Waze, bisa mencari Rumah Sakit (RS) rujukan dan pusat-pusat pemeriksaan medis, yang memberikan pelayanan terkait wabah corona, di seluruh Indonesia.

Pengguna Waze dapat memasukkan kata kunci seperti “COVID”, “covid”, “coronavirus”, “corona virus”, dan “ rumah sakit corona” untuk menemukan lokasi-lokasi pusat pemeriksaan terdekat.

Cara mencari RS rujukan Covid-19 di Waze.Waze Cara mencari RS rujukan Covid-19 di Waze.
“Waze berkomitmen membantu pengemudi dengan memberikan informasi akurat dan up-to-date mengenai lokasi penutupan jalan, perawatan, dan pemeriksaan kesehatan terkait,” ujar Marlin R. Siahaan, Country Manager Waze Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (23/3/2020).

Secara global, Waze juga telah menambahkan tanda penutupan jalan, pusat pemeriksaan medis, dan fitur pengingat pop-up terkait, didukung oleh komunitas Map Editor.

Baca juga: Chatbot WhatsApp Covid-19 dari Pemerintah Sudah Bisa Diakses

Pemerintah Indonesia sendiri terus menerus melakukan upaya pencegahan dan mitigasi dengan menyiapkan 132 rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia, untuk mengendalikan laju penyebaran virus tersebut.

Sangat penting untuk diketahui bahwa demam, batuk, sakit tenggorokan, kelelahan, dan sesak napas adalah beberapa gejala dari penyakit ini.

“Jika pengguna kami mengalami gejala-gejala tersebut, mereka sangat disarankan untuk melakukan prosedur pemeriksaan di rumah sakit terdekat, yang dapat mereka temukan lokasinya di Waze," imbuh Marlin.

Baca juga: Facebook, Google, Twitter dkk Kerja Sama Perangi Hoaks Virus Corona

Selain Waze, sejumlah perusahaan teknologi dunia saat ini juga tengah berupaya untuk berkontribusi dalam upaya memerangi virus tersebut.

Sejumlah perusahaan teknologi dan media sosial, mulai dari Google, Facebook, Twitter, Microsoft, YouTube, LinkedIn, hingga Reddit bekerja sama untuk memerangi informasi hoaks terkait virus corona (Covid-19) yang marak beredar di internet.

Para pengelola perusahaan teknologi saling bertukar informasi antara satu sama lain, dan juga badan kesehatan dunia agar para pengguna bisa mendapat informasi akurat tentang virus corona dan Covid-19.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X