Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2020, 08:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Kebijakan work from home yang ramai digaungkan untuk mencegah penyebaran virus corona membuat popularitas Zoom meroket.

Aplikasi video conferencing ini banyak dipakai sebagai sarana tatap muka dari rumah untuk berbagai keperluan, mulai dari meeting antara rekan kerja, pembelajaran siswa sekolah, kuliah online, kelas yoga, atau sekadar melepas kangen dengan teman.

Baca juga: Awasi Anak Belajar di Rumah dengan Google Family Link

Sebenarnya ada banyak aplikasi serupa, tapi Zoom termasuk yang paling banyak dipakai semenjak WFH diterapkan di berbagai belahan dunia. Namanya sempat bertengger sebagai aplikasi gratis terpopuler di toko iOS App Store sejumlah negara, menurut App Annie.

Mengapa Zoom populer? Menurut keterangan yang dihimpun KompasTekno dari CNBC, Selasa (24/3/2020), Zoom dikenal andal dan jarang down. "Kegunaan dan keandalan Zoom adalah penyebab di balik angka adopsinya yang sangat tinggi," ujar CFO Zoom Kelly Steckelberg.

Aplikasi ini juga menghasilkan latency yang rendah sehingga relatif tak terganggu dengan jeda pembicaraan, serta bisa mempertahankan kualitas video dan audio meski koneksi internet tidak stabil.

Berbeda dari aplikasi lain seperti FaceTime yang hanya ada di perangkat Apple, Zoom pun tersedia di Android dan PC. Pengguna bisa saling nimbrung dalam ruang obrolan yang sama meskipun menggunakan perangkat berbeda.

Baca juga: Mengatur Waktu saat Kerja dari Rumah Lewat Aplikasi Toggl

Zoom bisa digunakan dengan gratis, tapi durasi video conferencing dibatasi hanya 40 menit dan jumlah partisipan satu sesi maksimal 100 orang. Ada sejumlah paket berbayar berisi fitur-fitur tambahan yang ditawarkan di situsnya

Salah satu fitur populer dari Zoom adalah kemampuan mengunggah gambar atau video untuk dijadikan latar belakang ketika melakukan conferencing. Fitur ini demikian populernya sehingga ditiru oleh Microsoft dalam layanan Teams besutannya pada pekan lalu. 

Baca juga: Kerja dari Rumah, Begini Cara Video Call Berempat Pakai WhatsApp

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com