Telkomsel dan Smartfren Ubah "Sinyal" demi Tangkal Virus Corona

Kompas.com - 24/03/2020, 13:50 WIB
Ikustrasi layar dengan tulisan DiRumahAja yang tertera di sebelah nama jaringan Telkomsel. Kompas.com/Reza WahyudiIkustrasi layar dengan tulisan DiRumahAja yang tertera di sebelah nama jaringan Telkomsel.

KOMPAS.com - Sejak 16 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Tujuannya tak lain adalah untuk meminimalisir penularan Covid-19 atau virus corona di Indonesia.

Dalam rangka mendukung kebijakan tersebut, operator seluler meluncurkan produk agar pelanggan semakin betah di rumah baik bekerja maupun belajar. (Baca juga: Telkomsel, XL, dan Indosat Bagikan Kuota Gratis untuk Belajar Online)

Tidak hanya "memanjakan" dengan produknya, mereka juga mengingatkan pelanggan agar tetap berada di rumah. Seperti yang dilakukan Telkomsel dan Smartfren.

Dari pantauan KompasTekno, kedua operator seluler ini menyematkan fitur "Network Name" atau tulisan di sisi kanan informasi sinyal/jaringan.

Untuk Telkomsel, tulisan yang tertera adalah "DiRumahAja". Sementara Smartfren mengingatkan penggunanya dengan tulisan "Stay Safe" (tetap aman).

"Tulisan itu memang sengaja dibuat untuk mengingatkan pelanggan Smartfren agar selalu menjaga keselamatan dan kesehatan selama pandemik corona," kata Munir Syahda Prabowo, VP Technolgy Relations and Special Project Smartfren ketika dihubungi KompasTekno.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Hangouts Meet untuk Rapat dari Rumah

Alasan yang sama juga diungkapkan Telkomsel. Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, mengatakan fitur Network Name ini akan muncul hingga kondisi penanganan pandemi Covid-19 sudah dinyatakan membaik oleh pemerintah.

"Penggunaan fitur network name untuk sosialisasi himbauan Di Rumah Saja sudah dimulai sejak 24 Maret 2020," ujar Denny.

Ia tidak memberikan batas waktu pasti sampai kapan Network Name akan muncul.

Hal ini cukup jadi perbincangan warganet, terutama di Twitter. Mereka mengunggah foto tangakapan layar utama sambil memamerkan tulisan tersebut.

Baca juga: Dukung Kerja dari Rumah, Langganan CloudX Meeting Digratiskan Sebulan

Sebagian besar di antaranya menyambut baik cara ini. Beberapa mengungkapkan terima kasih karena telah diingatkan operator seluler yang mereka gunakan agar tetap di rumah saja. Seperti yang diunggah salah satu pengguna Smartfren di Twitter dengan akun @bhaguz_403

"Smartfren ganti Carrier Name dengan tambahan tulisan Stay Safe. Thank you @smartfrenworld," kicaunya. Hal yang sama juga diunggah akun Twitter @septnvr.

 

Tak mau kalah, pengguna Telkomsel juga mengungkapkan hal senada, seperti yang diunggah akun Twitter @likepaperrings.

"Bahkan operator seluler saya mengingatkan untuk tetap di rumah saja. Terima kasih, @Telkomsel," tulisnya dalam Bahasa Inggris. Pengguna Telkomsel lain dengan akun Twitter @rzsyahh pun mengunggah tangkapan layar serupa.

Imbauan untuk tetap di rumah kian masif di media sosial. Pemerintah sendiri menetapkan masa darurat Covid-19 hingga 29 Mei mendatang. (Baca juga: WHO Ubah Social Distancing Jadi Physical Distancing, Apa Maksudnya?)

 Baca juga: 7 Aplikasi untuk Rapat dari Rumah lewat Smartphone

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X