Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Salip Huawei di Tengah Lesunya Pasaran Smartphone Dunia

Kompas.com - 24/03/2020, 14:22 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 tak urung mempengaruhi pasaran smartphone dunia yang mencatat penurunan angka pengiriman global sebesar 38 persen pada Februari 2020.

Di tengah kelesuan itu, menurut firma riset pasar Strategy Analytics, Xiaomi menyalip Huawei sehingga duduk di urutan ketiga pabrikan smartphone terbesar dunia, setelah Samsung dan Apple.

Pengiriman smartphone Xiaomi tercatat sebesar 6 juta unit, lebih tinggi 500.000 unit dibandingkan Huawei yang kini ada di posisi keempat.

Baca juga: Pengiriman Smartphone Global Alami Penurunan Terbesar Sepanjang Sejarah

Angka shipment Xiaomi dan Huawei sebenarnya sama-sama menurun pada Februari 2020 dibanding Januari 2020.

Xiaomi turun dari 10 juta unit, sementara pengiriman smartphone Huawei terpangkas lebih dari setengah, dari 12,2 juta unit pada Januari menjadi 5,5 juta unit di Februari.

Sebelum virus corona mewabah pun, Huawei sudah didera kesulitan lantaran masuk daftar hitam entity list AS sehingga tidak dibolehkan memakai layanan dan aplikasi Google di ponselnya.

Hal ini sedikit banyak berkontribusi pada penurunan angka pengiriman ponsel Huawei, terutama di pasaran di luar China, di mana konsumen Android banyak mengandalkan aneka layanan Google.

Baca juga: Bebas Kuota Internet, Akses ke Situs Resmi Penanganan Corona di Indonesia

Dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (24/3/2020), para pemain lain di daftar 5 pabrikan smartphone terbesar pun mengalami penurunan serupa akibat bawah Covid-19.

Samsung masih berada di urutan teratas dengan pengiriman 18,2 juta unit, dari sebelumnya 20,1 juta unit di Januari 2020.

Oppo berada di bawah Huawei dengan 4 juta unit, dari 8,1 juta unit pada Januari 2020. Kemudian, ada Vivo dengan 3,5 juta unit di Februari 2020, turun dari 7,3 juta unit di bulan sebelumnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com