Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Realme 6 di Indonesia Lebih Mahal Rp 400.000, Ini Alasannya

Kompas.com - 24/03/2020, 16:17 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Realme 6 dan Realme 6 Pro resmi dirilis di Indonesia dalam sebuah acara peluncuran live streaming, Selasa (24/3/2020). Meski demikian, harga kedua smartphone tersebut di Indonesia ternyata lebih mahal dibanding versi India, saat diluncurkan.

Varian tertinggi Realme 6 (8 GB/128 GB) versi India misalnya, dijual dengan harga 15.999 Rupee (Rp 3,4 juta), sementara versi Indonesia dengan konfigurasi RAM dan memori yang sama, dibanderol harga Rp 3,8 juta.

Begitu pula Realme 6 Pro (8 GB/128 GB) yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 400.000 lebih mahal dibanding versi India (18.999 Rupee/Rp 4,1 juta), yakni Rp 4,5 juta.

Baca juga: Fitur Serba Pertama di Realme 6 dan Realme 6 Pro

Lantas, apakah perbedaan harga ini dipengaruhi oleh kondisi ekonomi terkini yang kemungkinan dipengaruhi oleh wabah virus corona (Covid-19)? 

Menurut Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi, kondisi ekonomi global saat ini mungkin mendorong harga Realme 6 dan Realme 6 Pro melonjak, meski pengaruhnya tidak begitu signifikan.

"Mungkin ada sedikit pengaruh, terutama dari fluktuasi harga nilai mata uang Rupiah terhadap Dollar AS," kata Palson kepada KompasTekno di acara live conference, Selasa (24/3/2020).

Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi, dalam konferensi pers online, Selasa (24/3/2020).KOMPAS.com/Bill Clinten Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi, dalam konferensi pers online, Selasa (24/3/2020).

"Tapi strategi penetapan harga (Realme 6 dan Realme 6 Pro) sebenarnya didorong oleh faktor lainnya yang pengaruhnya lebih besar, meski harga kedua perangkat memang lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya," imbuh Palson.

Faktor-faktor yang dimaksud Palson salah satunya berasal dari strategi penjualan di kanal e-commerce. 

Alih-alih dipasarkan di beragam e-commerce seperti Indonesia, Realme 6 dan Realme 6 Pro versi India hanya dijual di satu kanal penjualan online saja, yakni Flipkart.

Hal itu membuat biaya kanal, tenaga kerja, logistik, dan lain sebagainya, bisa dibilang lebih hemat ketimbang strategi penjualan di Indonesia yang mengandalkan beberapa channel pemasaran.

Faktor lainnya yang turut disebut Palson berasal dari spesifikasi dari Realme 6 dan Realme 6 Pro itu sendiri. 

Baca juga: Realme Kenalkan Lini Ponsel Narzo, Meluncur 26 Maret

Sebagai informasi, Realme 6 merupakan penerus dari Realme 5 Pro, sementara Realme 6 Pro merupakan suksesor Realme XT. Walhasil, harga kedua perangkat tersebut tak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.

Selain itu, spesifikasi yang dibawa kedua perangkat juga terbilang cukup mumpuni di kelasnya, seperti layar 90 Hz, kamera 64 megapiksel, hingga pengisian cepat dengan daya 30 watt.

"Konsep kami untuk membuat Realme 6 dan Realme 6 Pro mampu memberikan pengalaman flagship di ponsel kelas menengah," pungkas Palson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com