Prototipe Ponsel Android Pertama Muncul di Situs Lelang EBay

Kompas.com - 26/03/2020, 10:12 WIB
Penampakan ponsel Google Sooner di situs eBay androidpolice.comPenampakan ponsel Google Sooner di situs eBay
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Baru-baru ini, beberapa ponsel yang diduga merupakan prototipe perangkat Android pertama muncul dan dijual di situs lelang eBay.

Perangkat ponsel bernama "Sooner" tersebut diyakini merupakan purwarupa smartphone HTC G1/ Dream yang menjadi platform perdana sistem operasi Android pada 2008.

Baca juga: Nokia C2 Resmi, Ponsel Murah dengan OS Android Go

Bentuknya mirip ponsel BlackBerry, dengan papan ketik QWERTY dan tombol-tombol navigasi yang berada di bawah layar. Sooner kabarnya dibuat oleh Google dan tak pernah dirilis.

Penjualnya memasang banderol 200 dollar AS atau setara dengan Rp 3,2 juta untuk setiap unit ponsel Sooner. Dia mengatakan tak menjamin perangkat unik tersebut bisa berfungsi karena merupakan stok lama yang sudah berumur lebih dari 10 tahun.

Penampakan ponsel Google Sooner di situs eBayandroidpolice.com Penampakan ponsel Google Sooner di situs eBay
Foto-foto yang diunggah memperlihatkan rangkaian aksesorinya masih lengkap terbungkus plastik, terdiri dari charger dan kabel USB, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Kamis (26/3/2020).

Spesifikasinya jelas jauh tertinggal dibandingkan ponsel Android masa kini. Sooner ditenagai oleh prosesor OMAP buatan Texas Instruments yaitu TI OMAP 850 SoC, dipadukan dengan RAM 64MB.

Baca juga: Chromecast Ultra Generasi Terbaru Berbasis Android TV dan Punya Remote

Dari segi layar, Sooner memiliki resolusi 320x240 piksel. Dengan kapasitas baterai 960 mAh, ponsel ini hanya dibekali satu kamera belakang dengan resolusi sensor 1,3MP. Sooner juga masih mengandalkan jaringan 2G dan tidak mendukung WiFi. 

Semua unit Sooner yang sempat dijual di eBay itu sekarang sudah ludes dibeli.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X