Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2020, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Vendor ponsel Oppo menaikan harga smartphonenya yang dijual di Indonesia mulai Senin (23/3/2020) lalu. Kenaikan harga ini disebut sudah direncanakan sejak tahun lalu.

"Kenaikan harga ini memang sudah tidak dapat kami tunda lagi, meskipun Oppo juga memahami kondisi perekonomian yang sedang melanda," ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia saat dihubungi KompasTekno.

Ia tidak menjelaskan gamblang alasan utama kenaikan harga tersebut. Oppo berdalih, kenaikan harga bertujuan meningkatkan layanan purna jual dan kualitas produk untuk konsumennya.

Baca juga: Pasar Smartphone Indonesia, Pasokan Turun 10 Persen dan Harga Bakal Naik

Belum diketahui produk-produk Oppo mana saja yang akan mengalami kenaikan harga. Untuk saat ini, apabila ingin memastikan harga terbaru, calon pembeli bisa mengecek langsung ke situs resmi Oppo Indonesia di tautan berikut.

Dalam penelusuran KompasTekno, memang ada produk smartphone Oppo yang mengalami kenaikan harga. Salah satunya Oppo A31 yang dirilis pada Februari lalu.

Harga Oppo A31 varian memori RAM 4 GB penyimpanan 128 GB di Indonesia kini adalah Rp 2.799.000. Saat peluncuran, Oppo A31 dibanderol harga Rp 2.599.000.

Aryo menjelaskan bahwa kenaikan harga ini tidak terkait dengan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, seperti berkurangnya pasokan bahan baku atau nilai tukar dollar AS.

Namun riset terbaru dari firma Stategy Analytics menyebut bahwa wabah Covid-19 akibat penyebaran virus corona memang membuat pincang bisnis smartphone global.

Pengiriman smartphone global pada Februari 2020 mengalami penurunan 38 persen dari periode yang sama tahun lalu. Penurunan ini disebut yang paling parah sepanjang sejarah. (Baca juga: Pengiriman Smartphone Global Alami Penurunan Terbesar Sepanjang Sejarah)

Imbauan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah yang dianjurkan pemerintah Indonesia selama penanganan virus corona di Indonesia, juga belum bisa diketahui dampaknya pada lini distribusi dan pemasaran Oppo, menurut Aryo.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Oppo Reno 3 di Indonesia

Seperti diketahui, sejak 16 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat agar tetap bekerja, belajar, dan beribadah di rumah untuk meminimalisir penularan Covid-19.

"Sampai saat ini belum ada pengaruhnya (ke penjualan), belum terlihat, mungkin baru bisa terlihat beberapa pekan ke depan," kata Aryo.

Di Indonesia sendiri, Oppo telah merilis beberapa seri smartphone baru dalam kurun satu bulan, dan satu earphone wireless pertama buatan Oppo, yakni Enco Free.

Beberapa smartpone tersebut terdiri dari berbagai segmen, seperti Oppo A31 yang menyasar entry-level, Oppo A91, dan Oppo Reno3 untuk segmen menengah, hingga duo flagship Oppo Find X2 dan Find X2 Pro.

Baca juga: Membandingkan Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Apa Saja Bedanya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.