Apple Rilis iOS dan iPadOS 13.4, Apa Saja Fitur Barunya?

Kompas.com - 26/03/2020, 18:19 WIB
iPhone 11 series yang terpajang di salah satu Apple Store di Singapura. Wahyunanda Kusuma Pertiwi/KOMPAS.comiPhone 11 series yang terpajang di salah satu Apple Store di Singapura.

KOMPAS.com - Apple akhirnya merilis pembaruan iOS 13.4 dan juga iPadOS 13.4. Sejumlah fitur baru dibawa ke pembaruan software ini.

Salah satu yang menarik adalah dukungan trackpad dan mouse untuk dipasang ke iPad yang menjalankan versi iOS terbaru tersebut. Dengan dukungan itu, iPad akan bisa dioperasikan layaknya laptop dengan aksesori tambahan berupa keyboard dan mouse.

Apple sendiri merilis aksesoris Magic Keyboard minggu lalu, bersamaan peluncuran iPad Pro.
Hanya saja, Magic Keyboard ini baru bisa didapatkan sekitar bulan Mei mendatang.

iPad juga bisa disambungkan dengan Apple Magic Mouse 2, Magic Trackpad 2, bahkan bisa menggunakan trackpad dan mouse dari pihak ketiga yang disambungkan dengan bluetooth atau USB.

Baca juga: Apple Luncurkan iPad Pro 2020 Berkamera Ultrawide, Ini Harganya

Sementara untuk iOS 13.4, fitur baru yang hadir adalah, pembaruan terbaru memungkinkan pengguna membagikan folder iCloud Drive dari aplikasi Files. Tidak sembarang membagikan, pengguna juga bisa mengontrol siapa saja yang bisa mengakses folder tersebut.

iPad Pro 2020.Apple.com iPad Pro 2020.
Caranya adalah dengan membagikannya melalui tautan, seperti cara akses files ke Dropbox atau Google Drive. Pengguna juga bisa memilih siapa saja yang bisa mengubah dan mengunggah file ke folder.

Fitur ini mulanya akan dirilis pada pembaruan iOS 13 namun mengalami penundaan. Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (26/3/2020), Apple juga menghadirkan sembilan stiker Memoji baru dan pembaruan pada toolbar di aplikasi Mail.

Selebihnya, pembaruan ini memperbaiki bug pada beberapa fitur. Semua iPhone yang menjalankan iOS 13 bisa meng-upgrade ke iOS 13.4. Itu berarti mulai dari iPhone 6s hingga iPhone terbaru bisa upgrade ke iOS 13.4.

Biasanya, akan ada notifikasi pembaruan otomatis. Apabila tidak mendapatkannya, pengguna bisa memperarui sistem secara manual. Caranya, pergi ke menu setting > general > software update.

Baca juga: Apple Rilis MacBook Air 2020 dengan Keyboard Baru, Harganya?

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X