Twitter Bikin Halaman Khusus Covid-19

Kompas.com - 26/03/2020, 20:08 WIB
Ilustrasi akun Twitter CNNIlustrasi akun Twitter

KOMPAS.com -  Twitter Indonesia meluncurkan fitur "event page" yang menyediakan
informasi terkait wabah Covid-19 secara real time. Inisiasi ini  melibatkan lembaga pemerintah, pejabat pemerintah, masyarakat sipil, dan media.

Kabar ini diungkap secara resmi oleh akun Twitter Indonesia (@TwitterID), dan melalui laman blog. twitter.com pada Selasa (24/3/2020) lalu.

Tak hanya di Indonesia, fitur "event page" Covid-19 ini juga sudah tersedia di negara-negara Asia Pasifik lainnya seperti Australia, Filipina, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Baca juga: Google Luncurkan Halaman Khusus Informasi Virus Corona

Untuk mengakses "event page" Covid-19 di Twitter melalui desktop, pengguna cukup meng-klik ikon tagar di bagian kiri atas.

Screenshot event page Twitter melalui desktoptwitter.com/@TwitterID Screenshot event page Twitter melalui desktop

Setelah itu akan muncul banner berwarna biru dengan tulisan "Covid-19" yang ketika di-klik,
akan membawa pengguna ke event page yang berisi informasi terbaru seputar wabah Covid-19 dari sumber-sumber resmi dan terpercaya.

Sedangkan untuk pengguna Twitter melalui smartphone, fitur "event page" ini terletak di bagian atas linimasa beranda (home timeline).

Screenshot event page untuk aplikasi Twitter pada smartphonetwitter.com/@TwitterID Screenshot event page untuk aplikasi Twitter pada smartphone

Fitur "event page" ini diluncurkan Twitter sebagai upaya membantu pengguna
memperoleh informasi terbaru dan terpercaya, mengenai pandemi Covid-19 di Indonesia.

Sebelumnya, pada (21/3/2020) lalu, Twitter juga telah mengatakan bahwa pihaknya tengah bekerja sama dengan sejumlah otoritas kesehatan global, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk mengidentifikasi akun mana saja yang layak diverifikasi.

Baca juga: Twitter Perbanyak Verifikasi Biru untuk Akun Milik Ahli Kesehatan

Hal itu dilakukan Twitter guna meminimalisir informasi palsu (hoaks) terkait Covid-19 yang beredar di platform-nya. Twitter pun mengatakan, saat ini mereka telah memberikan verifikasi biru pada ratusan akun milik ahli kesehatan.

"Kami tengah bekerja sama dengan otoritas kesehatan global untuk mengidentifikasi akun para ahli kesehatan dan kami sudah memverifikasi ratusan akun," ujar pihak Twitter di akun @TwitterSupport.

Kendati begitu, hingga saat ini Twitter tidak memberikan penjelasan secara rinci berapa jumlah akun milik ahli kesehatan yang telah diverifikasi.



Sumber Twitter
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X