Facebook Beri Tips untuk UMKM Hadapi Ramadan saat Wabah Corona

Kompas.com - 27/03/2020, 13:47 WIB
Ilustrasi Facebook The telegraphIlustrasi Facebook
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Wabah corona (Covid-19) yang tengah melanda dunia turut memberikan pukulan telak bagi sektor bisnis. Di Indonesia, tak hanya perusahaan besar yang terkena imbas. Para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM) pun turut merasakan dampaknya.

Apalagi, bulan Ramadan kian dekat, ditambah dengan imbauan pemerintah agar masyarakat tidak keluar rumah. Kondisi ini membuat pelaku UMKM harus memutar otak.

Jejaring sosial Facebook turut memberikan sejumlah tips untuk pelaku UMKM dalam menghadapi Ramadan di tengah wabah Covid-19 ini. 

Menurut Head of Marketing Facebook Indonesia, Hilda Kitti, masyarakat Indonesia kerap memanfaatkan perangkat mobile untuk mendukung ritual keagamaan selama Ramadan. Hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM. 

"Hal itu memiliki aspek sosial yang penting, sehingga, pemilik merek dan UKM memiliki sebuah peluang untuk membangun interaksi dengan pelanggan mereka melalui konten yang relevan," jelas Hilda melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (27/3/2020).

Facebook pun menyarankan para pelaku UMKM agar memanfaatkan platform digital yang memang digandrungi oleh khalayak Tanah Air. 

Baca juga: Facebook Sumbang 720.000 Masker untuk Tenaga Medis

Berdasarkan riset yang dilakuan, platform digital besutan Facebook, misalnya, WhatsApp menjadi media sosial terfavorit karena dipilih oleh sekitar 85 persen responden. 

Selain eksis di platform digital, Facebook juga menyarankan agar pelaku UMKM bisa memahami perilaku konsumen. 

Pada bulan Ramadhan, Facebook menemukan, konsumen melakukan kegiatan bervariasi berdasarkan tema bulan suci. 

Sebanyak 71 persen responden, misalnya, gemar memasak makanan di rumah untuk sahur dan berbuka puasa, di mana 52 persen responden senang melakukan pekerjaan rumah tangga untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan. 

Ada pula 53 persen responden yang mengaku memanfaatkan momen tersebut untuk membeli baju baru, serta 46 persen responden yang mengatakan bahwak mereka kerap membeli hadiah untuk kerabat atau keluarga. 

Melihat beragam aktivitas tersebut, menurut Facebook, pelaku UMKM harus memahami perilaku konsumen dan memanfaatkan peluang tersebut untuk menciptakan beragam ide bisnis.

Baca juga: Facebook, Google, Twitter dkk Kerja Sama Perangi Hoaks Virus Corona

Beberapa di antaranya seperti membuat produk yang bermanfaat sesuai dengan aktivitas yang ramai dilakukan di bulan Ramadhan, membangun interaksi yang bermakna serta relevan dengan konsumen, memberikan tips di bulan suci, dan lain sebagainya. 

"Kami yakin bahwa UMKM mampu menjangkau lebih banyak orang pada momen ini dengan mengoptimalkan mobile engagement untuk menyampaikan pesan dan nilai merek, melalui cara yang lebih dekat dan efektif," tutur Hilda.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X