Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Layanan XL Axiata Dilaporkan "Tidak Ada Sinyal"

Kompas.com - 27/03/2020, 16:50 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan operator seluler XL Axiata dilaporkan bermasalah di sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya pada Jumat (27/3/2020).

Pengguna mengeluhkan layanan internet XL Axiata sama sekali tidak bisa digunakan. Keluhan disebutkan, tidak ada sinyal sama sekali yang ditunjukkan dengan pesan “no service” di ponsel.

Waktu gangguan dilaporkan bervariasi, ada yang mulai melaporkan sejak pagi tidak mendapatkan sinyal. Sementara pengguna lain baru melaporkan gangguan sekitar pukul satu siang. Namun gangguan yang dilaporkan seragam, tidak ada sinyal.

Pengguna pun ramai-ramai melaporkan gangguan ini ke situs microblogging Twitter dengan me-mention akun Twitter XL Axiata, @myXLCare dan @myXL.

Pantauan KompasTekno, kedua akun ini mendapat cukup banyak komplain dari pengguna.

"@myXLCare halo kenapa sinyal saya dari tadi pagi jam 11 hilang," tulis pengguna @charisma_tri di Twitter, Jumat sore.

Sementara, pengguna lain melaporkan layanan XL di rumahnya bermasalah sejak pukul satu siang. "Di Depok timbul tenggelam (sinyalnya)," kata Bambang saat dihubungi KompasTekno.

KompasTekno
telah berusaha menghubungi pihak XL untuk meminta keterangan mengenai gangguan ini.

Update, 19.50 WIB: Pihak XL menyatakan, tidak ada kendala yang terjadi pada layanan mereka. "Namun kami perlu melakukan pengecekan dahulu di mana lokasi pelanggan ini berada agar dapat kami tindaklanjuti," kata Henry Wijayanto, Head of External Communications PT XL Axiata.

Seperti diketahui, XL memiliki sebuah program baru "Xtra Unlimited Turbo" yang diluncurkan pada awal Maret lalu. Program ini menawarkan akses tanpa batasan kuota dan kecepatan untuk layanan-layanan tertentu, seperti YouTube, Instagram, Facebook, Whatsapp, Line, dan Gojek.

XL juga menawarkan kuota gratis sebesar 2GB per hari untuk penggunaan layanan-layanan untuk belajar dari rumah. (Baca juga: XL Bagikan Kuota Gratis Setiap Hari untuk Aplikasi Belajar dari Rumah.

Namun, belum diketahui apakah gangguan hari ini terkait dengan program "tanpa FUP" dan kuota gratis tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com