Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Misterius Xiaomi Lolos TKDN, Redmi Note 9 atau Redmi 9?

Kompas.com - 28/03/2020, 10:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah sertifikasi ponsel baru dari Xiaomi terlihat laman Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dalam sertifikat bernomor 246/SJ-IND.8/TKDN/3/2020 tertanggal 26 Maret 2020, tercantum kode M2003J6B2G pada kolom merek dan tipe.

Ponsel tersebut mengantongi nilai TKDN sebesar 30,60 persen. Kode tersebut diketahui telah terdaftar di sertifikasi Eurasian Economic Commission (EEC), sebagaimana KompasTekno rangkum dari Nashville Chatter Class, Jumat (27/3/2020).

Belum bisa dipastikan seri smartphone apa yang memiliki kode tersebut. Dari penelusuran KompasTekno, kemungkinan besar kode tersebut merujuk ke perangkat Redmi Note 9, yang baru dirilis di India pada 12 Maret lalu.

Sementara dalam sertifikasi di situ Federal Communications Commission (FCC) , Redmi Note 9 Pro memiliki kode M2003J6A1G dan Redmi 9 memiliki nomor model M2003J6A2G.

Tangkapan layar laman sertifikasi ponsel misterius Xiaomi yang diduga Redmi 9.TKDN/Kementerian Perindustrian Tangkapan layar laman sertifikasi ponsel misterius Xiaomi yang diduga Redmi 9.

Belum banyak informasi resmi maupun bocoran yang beredar tentang Redmi 9. Belum diketahui pula kapan ponsel misterius ini akan dirilis di Indonesia.

Baca juga: Xiaomi Pastikan Tanggal Peluncuran Redmi 8A Pro di Indonesia

KompasTekno telah mengonfirmasi Xiaomi Indonesia untuk memastikan hal ini, namun hingga berita ini ditayangkan belum ada tanggapan. Sebelumnya, di laman TKDN juga muncul sertifikasi Mi 10 dengan kode M2001J2G.

Namun Xiaomi juga belum mengonfirmasi kapan smartphone flagship ini diluncurkan di Indonesia. Xiaomi Mi 10 telah dirilis di China bulan Februari lalu bersamaan dengan Mi 10 Pro yang memiliki kode M2001J1G.

Di laman TKDN hanya ditemukan nomor kode M2001J2G atau Mi 10 versi reguler saja. Kemungkinan besar, hanya versi ini yang bakal tersedia di Indonesia.

Baca juga: Xiaomi Resmi Umumkan Mi 10 dan Mi 10 Pro, Ini Harganya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com