Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Lebih Dekat TWS Oppo Enco Free, Mirip AirPods Apple?

Kompas.com - 28/03/2020, 16:27 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo bertekad ingin dikenal sebagai perusahaan yang tak cuma jualan smartphone. Satu per satu perangkat non-smartphone, termasuk wearable device dipamerkan.

Salah satunya adalah earphone true wireless stereo (TWS) bernama Enco Free. TWS ini pun sudah resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 1.599.000.

Jika dilihat-lihat, sekilas rupa Enco Free mirip dengan AirPods buatan Apple. Bentuk bodi casing persegi dengan sudut membulat.

Hanya saja, di tengah-tengah bagian depan terdapat garis abu-abu bertuliskan Oppo dengan sebuah lampu indikator. Bodi ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan sepasang earphone tapi juga pengisi daya selama earphone tersimpan.

Lampu indikator tersebut akan menyala bewarna merah jika baterai lemah, kuning apabila baterai sedang, dan hijau jika baterai penuh. Apabila earphone tersimpan di dalam, lampu indikator itu akan menunjukan status baterai pada earphone.

Namun jika earphone berada di luar, itu artinya lampu indikator menunjukan status daya casing. Ngomong-ngomong soal baterai, dalam sepasang earphone ini dibekali baterai berkapasitas 31 mAh sementara casing-nya memiliki baterai berkapasitas 410 mAh.

Baterainya bisa diisi melalui port USB type C yang berada di sisi bawah. Oppo mengklaim, dengan volume 50 persen, earphone bisa digunakan selama lima jam dalam sekali isi daya. Sementara casing bisa bertahan 25 jam dalam sekali charge.

Bagian kanan case terdapat sebuah tombol fungsi yang berguna untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan bluetooth.

Jika Enco Free telah terhubung dengan salah satu smartphone atau melalui laptop, ia akan otomatis tersambung ketika tutup casing dibuka, dengan syarat bluetooth di smartphone/laptop telah aktif.

Baca juga: Membandingkan Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Apa Saja Bedanya?

Apabila ingin me-reset TWS, cukup buka tutup Enco Free kemudian tekan dan tahan tombol fungsi hingga lampu indikator berkedip sebanyak tiga kali.

Sepasang earphone Oppo Enco Free.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Sepasang earphone Oppo Enco Free.

Lalu, bagaimana dengan earphone-nya? Enco Free memiliki driver berukuran 13,4mm dan menjanjikan bass lebih dinamis. Ia dibekali eartips berukuran S secara default.

Oppo juga membekali dua eartips cadangan berukuran M dan L yang bisa diganti-ganti kapan pun. Di ujung bawah earphone terdapat mikrofon utama sementara di sisi atas terdapat mikrofon sekunder.

Fitur yang cukup menarik adalah touch control (kontrol sentuh) di earphone sebelah kiri.
Touch control ini ditandai oleh sebuah garis bewarna abu-abu.

Sebagaimana namanya, pengguna bisa mengontrol volume dengan mengusap area garis abu-abu itu ke atas untuk menaikkan volume suara dan mengusap ke bawah untuk mengecilkannya.

Baca juga: Smartphone Kelas Menengah Oppo A91 Resmi Masuk Indonesia

Pengguna juga bisa menghentikan dan memainkan musik dengan mengetuk area kontrol sentuh sebanyak dua kali. Cara yang sama juga bisa digunakan untuk menjawab dan mengakhiri panggilan telepon.

Enco Free juga bisa mengaktifkan asisten suara dengan cara menyentuh lalu menahan touch control. Oppo turut melengkapi TWS anyarnya dengan AI noise reduction yang bisa mereduksi gangguan suara dari luar.

TWS ini sudah dilengkapi dengan IPX4 untuk ketahanan terhadap air. Lantas seperti apa wujud Enco Free besutan Oppo? Benarkan mirip AirPods Apple? Simak wujudnya di galeri berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com