Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Tampilkan Kumpulan Stories dengan Stiker "Stay Home"

Kompas.com - 29/03/2020, 08:31 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wabah virus Covid-19 yang semakin meluas membuat sejumlah negara mengimbau masyarakatnya agar tetap berdiam diri di rumah.

Hal serupa juga dilakukan di Indonesia. Pemerintah meminta warga untuk menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta tidak keluar rumah jika tidak sangat terpaksa.

Kebijakan tersebut dilakukan untuk memutus rantai persebaran Covid-19 (corona) yang dapat menular melalui interaksi dalam jarak dekat.

Alhasil, masyarakat harus berdiam diri dan melakukan rutinitas dari rumah, seperti bekerja dan belajar.

Merespon kebijakan ini, beberapa waktu lalu Instagram merilis sebuah stiker khusus bertema "Stay Home". Stiker ini dapat digunakan saat membuat sebuah unggahan Stories.

Melalui stiker ini, pengguna bisa saling berbagi tentang aktivitas yang bisa dilakukan selama mengisolasi diri di rumah.

Demi memudahkan pengguna untuk melihat Stories akun teman yang menggunakan stiker tersebut, Instagram pun menampilkan sebuah Stories khusus bernama "Stay Home".

Stories tersebut berada bersebelahan dengan deretan Instagram Stories lainnya. Stories itu, berisi kumpulan konten dari pengguna lain yang memakai stiker "Stay Home" di dalamnya.

"Jika Anda menggunakan stiker ini, video atau foto Anda akan ditambahkan pada kumpulan Stories di mana pengguna lain akan dapat melihat bagaimana Anda tinggal di rumah," tulis Instagram melalui akun Twitternya yang dirangkum KompasTekno, Minggu (29/3/2020).

Dengan demikian, pengguna hanya dapat melihat Stories dengan stiker "Stay Home" yang berasal dari akun-akun yang diikuti.

Baca juga: Indihome Perpanjang Akses Gratis Semua Channel TV sampai 31 Maret

Untuk menggunakan stiker "Stay Home" ini caranya sangat mudah. Pertama, buat foto atau video yang akan diunggah pada Stories.

Kemudian, klik ikon stiker pada pojok kanan atas. Nantinya pengguna akan dapat menemukan stiker "Stay Home" atau "Di Rumah Aja".

Ini bukan pertama kalinya Instagram menampilkan kumpulan Stories dalam satu tema. Kurasi Stories ini mirip dengan yang dilakukan Instagram pada masa Pemilu 2019 yang berlangsung di Indonesia.

Kala itu, Instagram memunculkan Stories khusus bertema "Suara" yang menampilkan unggahan tentang pemilu.

Ketika itu, Instagram juga merilis sejumlah stiker khusus yang bertema Pemilu 2019. Stiker itulah yang kemudian digunakan untuk mengkurasi Stories.

Baca juga: Stiker dan Filter Instagram yang Paling Digemari Sepanjang 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com