Peluncuran iPhone 12 Dikabarkan Bakal Tertunda

Kompas.com - 29/03/2020, 17:07 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Apple sedang bersiap meluncurkan smartphone terbarumya. Namun, kabar yang belakangan beredar menyebutkan bahwa kemunculan perangkat yang disnyalir bernama iPhone 12 itu kemungkinan akan tertunda beberapa bulan.

Apple biasanya memperkenalkan lini iPhone baru setiap bulan September tiap tahun. iPhone 12 merupakan model untuk 2020, meneruskan lini iPhone 11 sebelumnya.

Baca juga: Harga iPhone 11 di Indonesia Naik Rp 2 Jutaan, Ini Daftar Lengkapnya

Tidak diketahui secara pasti apa penyebab penundaan tersebut, tapi alasannya diduga berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang ikut mengganggu produksi iPhone dan kinerja penjualannya.

Apple mungkin khawatir wabah virus corona bakal mempengaruhi minat konsumen gadget untuk membeli iPhone baru, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Minggu (29/3/2020).

Kabarnya pula, pada Mei mendatang, Apple akan memutuskan apakah akan membuat keputusan, apakah akan menunda peluncuran iPhone 12 atau tidak.

Pada Januari lalu, dua analis Timothy Arcuri dan Munjal Shah dari firma riset pasar UBS sempat mengeluarkan prediksi bahwa iPhone 12 akan tersedia dalam empat model yang dibedakan dari segi ukuran layar, kapasitas RAM, dan jumlah kamera belakang.

Model pertama akan mengsusung layar 6,7 inci dengan tiga kamera belakang yang memiliki berkemampuan 3D sensing, berikut RAM 6 GB.

Baca juga: Bocoran 4 Jenis iPhone 12 yang Kabarnya Akan Hadir di 2020

Sedangkan model kedua memiliki jumlah kamera dan RAM serupa, hanya saja layarnya lebih kecil dengan diagonal 6,1 inci. Lalu, iPhone 12 model ketiga datang dengan display 6,1 inci, dua kamera belakang, dan RAM 4 GB.

Sementara model keempat adalah yang terkecil dengan layar 5,7 inci, dua kamera belakang, dan RAM 4 GB.

Selain itu, sebagian iPhone keluaran 2020 kabarnya juga akan dibekali dengan konektivitas 5G, yang kemungkinan hanya bakal hadir untuk model-model teratas yang biasanya memiliki embel-embel "Pro" atau "Max".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.