Jangan Taruh Router WiFi di Dekat Microwave, Ini Alasannya

Kompas.com - 30/03/2020, 14:58 WIB
Ilustrasi memainkan gadget di dekat microwave. PhoneArenaIlustrasi memainkan gadget di dekat microwave.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Oven microwave adalah perangkat elektronik yang biasa dipakai untuk memasak dan memanaskan makanan. Karena relatif ringkas dan praktis, alat ini tak melulu diletakkan di dapur, tapi bisa di ruang lain dalam rumah.

Namun, tahukah Anda bahwa alat elektronik tersebut bisa mengganggu sinyal dari router WiFi di rumah? Hal itu tentu bisa merepotkan, terutama saat harus bekerja dari rumah untuk menekan risiko penularan Covid-19 seperti sekarang.

Baik oven microwave maupun router WiFi memang sama-sama memancarkan radiasi elektromagnetik.

Baca juga: WiFi Ternyata Bukan Singkatan Wireless Fidelity

Bedanya, microwave menggunakan radiasi itu untuk memanaskan benda di dalamnya, sementara router memakainya untuk memancarkan data sambungan interenet dari dan ke perangkat lain secara nirkabel.

Sama-sama 2,4 GHz

Meski fungsinya berbeda, microwave dan beberapa jenis router WiFi sama-sama memancarkan gelombang elektromagnetik di frekuensi 2,4 GHz. Apabila jaraknya terlalu berdekatan, maka microwave bisa mengganggu transmisi data dari router.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi microwave yang mengganggu transmisi router.YouTube/SunnyClassroom Ilustrasi microwave yang mengganggu transmisi router.

Ada penjelasan yang bisa dicari di internet soal ini. Salah satunya video yang diunggah oleh kanal Sunny Classroom di YouTube.

Oven microwave dengan kualitas bagus sebenarnya mempu menjaga gelombang elektromagnetik agar tidak mengganggu perangkat di sekitarnya.

Baca juga: TP-Link Boyong Lima Router WiFi 6 ke Indonesia

Namun kenyataannya, radiasi tersebut bisa saja bocor, lantas mengusik sinyal yang sedang berjalan di frekuensi yang sama, termasuk sinyal WiFi tadi. Akibatnya, sambungan internet bisa terganggu atau menjadi lambat.

Benda-benda lain dalam keseharian, mulai dari telepon wireless dan baby monitor, juga bisa mempengaruhi kinerja router WiFi lewat interferensi elektromagnetik tadi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.