Inilah Celia, Asisten Virtual dari Huawei Pesaing Google Assistant

Kompas.com - 30/03/2020, 17:36 WIB
Asisten virtual baru Huawei bernama Celia Giz ChinaAsisten virtual baru Huawei bernama Celia

KOMPAS.com - Sejumlah vendor smartphone Android memiliki asisten virtual untuk memudahkan pengguna mengoperasikan ponsel dengan perintah suara. Sebut saja Samsung dengan Bixby, Oppo dengan Breeno, atau Jovi milik Vivo.

Tak mau kalah, Huawei juga kini memiliki asisten virtual bernama Celia. Celia akan terpasang di smartphone Huawei melalui pembaruan perangkat lunak secara over-the-air (OTA).

Namun khusus untuk Huawei P40, Celia sudah terpasang secara bawaan atau pre-loaded. Cara mengaktifkan Celia pun sama dengan asisten virtual lainnya. 

Pengguna cukup mengucapkan "Hey, Celia" diikuti dengan perintah yang dikehendaki. Selain dengan suara, Celia juga bisa diaktifkan dengan menekan tombol daya selama beberapa detik.  

Celia juga bisa digunakan untuk melakukan pencarian di Huawei Browser dan Microsoft Bing. Ada pula opsi untuk menggunakannya di Google Search.

Baca juga: Google Assistant Kini Bisa Bacakan Isi Website dalam Bahasa Indonesia

Asisten virtual ini juga dapat digunakan untuk mulai melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, membuat pengingat, memutar musik, hingga menerjemahkan teks.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Celia juga dilengkapi fitur mirip Google Lens, yang bisa memindai suatu benda menggunakan kamera perangkat, dan memberikan informasi terkait benda tersebut.

Misalnya, saat pengguna memindai sebuah apel. Celia ia akan memberikan informasi berapa banyak kandungan kalorinya.

Celia sejatinya bukanlah asisten virtual pertama yang dibuat Huawei. Huawei sebelumnya sudah memiliki asisten virtual Xiaoyi.

Namun, Xiaoyi terbatas hanya pada perangkat buatan Huawei yang dijual di China. Xiaoyi terpasang di speaker pintar Huawei, AI Cube dan juga smartphone Huawei yang dijual di China.

Baca juga: Ini Dia, Asisten Virtual Berbasis Suara Favorit Pengguna Kantoran

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Senin (30/3/2020) saat ini, Celia memahami tiga bahasa yakni Bahasa Inggris, Perancis, dan Spanyol. Celia juga akan segera meluncur di Inggris, Perancis, Spanyol, Chili, Meksiko, dan Kolombia.

Huawei mengatakan akan membekali Celia dengan lebih banyak kemampuan. Celia juga akan tersedia di perangkat Huawei lainnya, seperti TV, speaker, dan masih banyak lagi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.