Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengaktifkan Mode Gelap atau Dark Mode Facebook Versi Web

Kompas.com - 31/03/2020, 18:21 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mode gelap Facebook versi desktop atau web, sudah digulirkan Facebook sejak pertengahan Maret lalu. Kini, fitur tersebut mulai menyambangi pengguna di Indonesia.

Tampilan mode gelap atau dark mode Facebook versi web (desktop) ini baru bisa diaktifkan, jika pengguna sudah mendapat update fitur untuk beralih ke tampilan Facebook yang baru.

Pengguna Facebook yang telah mendapatkan update, bisa mengaktifkan mode gelap versi web (desktop), lewat menu Settings/pengaturan, dengan mengklik ikon anak panah ke bawah yang ada di pojok kanan atas Facebook desktop.

Di menu yang muncul ke bawah, pilih "Switch to new Facebook" atau Beralih ke Facebook baru. Menu yang dimaksud bisa dilihat di gambar screenshot di bawah ini.

Menu untuk beralih ke tampilan baru Facebook (Switch to new Facebook).Facebook Menu untuk beralih ke tampilan baru Facebook (Switch to new Facebook).

Setelah memilih beralih ke tampilan Facebook yang baru, pengguna baru akan ditawari untuk menggunakan tampilan terang (Light) atau mode gelap (Dark Mode). Pilih salah satu untuk melanjutkan. Kemudian klik tombol Get Started di bawahnya.

Mode Gelap FacebookFacebook Mode Gelap Facebook

Namun, jika Anda belum menemukan opsi ke beralih tampilan Facebook baru, harap bersabar, sebab update ini diberikan Facebook secara bertahap.

Secara keseluruhan, tampilan baru Facebook ini lebih "segar", ukuran ikon dan tulisan tampak lebih besar dibanding sebelumnya. Jarak antar menu juga lebih lebar, sehingga menimbulkan kesan lebih rapi.

Baca juga: Dark Mode WhatsApp Akhirnya Tersedia di Indonesia, Begini Cara Pakainya

Sisi kanan dan kiri tampilan atau biasa disebut sidebar sejatinya tidak terlalu banyak berubah. Susunan menunya masih sama seperti versi klasik. Sidebar kanan masih oleh menu grup, halaman, game, marketplace, dan sebagainya.

Tampilan Dark Mode Facebook versi web9to5Mac.com Tampilan Dark Mode Facebook versi web
Hanya ada sedikit perbedaan di sisi kiri yakni menu tab chat yang tidak lagi berada di sisi bawah layar. Tab chat kini berpindah tepat di bawah seksi sponsor.

Sedikit perubahan tata letak juga terjadi di area tengah. Facebook Stories kini berada di sisi paling atas, menggantikan posisi kolom status yang berpindah di bawah Facebook Stories.

Mode gelap versi mobile

Untuk mode gelap Facebook versi mobile, Facebook saat ini baru menggulirkannya untuk Facebook Lite versi 185.0.0.6.118. Fitur ini akan secara otomatis dapat ditemukan pada menu "setelan" setelah pengguna melakukan pembaruan.

Baca juga: Penelitian Ungkap Mode Gelap di Smartphone Bisa Merusak Pola Tidur

Untuk bisa mencobanya, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh versi terbaru dari Facebook Lite. Setelah diunduh, pengguna bisa langsung mencoba tampilan dark mode dengan mengikuti beberapa langkah mudah.

Untuk mengaktifkan dark mode, pengguna cukup menekan ikon tiga garis vertikal yang ada di pojok kanan atas aplikasi Facebook Lite. Kemudian gulir ke bawah hingga menemukan menu dark mode.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com