Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menampilkan Hewan Virtual Lewat Google Search

Kompas.com - 31/03/2020, 19:54 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Pada gelaran Google I/O 2019 lalu, Google memperkenalkan fitur augmented reality (AR) baru yang mampu menampilkan aneka hewan secara tiga dimensi lewat kamera smartphone. Fitur tersebut, bisa dimainkan lewat pencarian Google Search. 

Di tengah kondisi saat ini, di mana masyarakat dianjurkan untuk berdiam diri di rumah untuk menghindari persebaran virus Covid-19, fitur ini menjadi cukup berguna. 

Selain untuk hiburan, hewan-hewan virtual yang ditampilkan juga bisa menjadi media pembelajaran bagi anak-anak yang tengah melakukan kegiatan belajar di rumah. 

Lantas bagaimana cara memunculkan hewan virtual ini?

Caranya cukup mudah. Pertama-tama, buka halaman utama pencarian Google dan masukkan jenis hewan pada kolom pencarian. Kata kunci tersebut bisa berasal dari bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Baca juga: Instagram Punya Fitur AR untuk Menjajal Lebih Dulu Barang yang Dijual

KompasTekno mencoba dengan mengetikkan hewan "Macan tutul" atau "Leopard". Setelah itu, Google akan menampilkan beragam hasil penelusuran terkait macan tutul.

Cara menampilkan hewan virtual lewat Google SearchKompas.com/BILL CLINTEN Cara menampilkan hewan virtual lewat Google Search

Kemudian gulirkan hasil pencarian ke bawah, dan pengguna akan melihat pilihan "lihat dalam 3D".

Klik tombol tersebut untuk memunculkan binatang yang dimaksud.

Google akan menampilkan seekor macan tutul dengan latar belakang gambar berwarna putih. Pengguna bisa memutar hewan virtual tersebut secara 360 derajat. 

Jika ingin memindahkan macan tersebut ke "dunia nyata", cukup klik tombol "View in your space".

Lalu, izinkan Google untuk mengakses kamera ponsel dan macan tutul pun lantas akan hadir di depan pengguna lewat aplikasi kamera. 

Uniknya, macan tutul tersebut bisa dipindahkan, difoto, diperbesar atau diperkecil, serta mampu bergerak dan mengeluarkan suara raungan yang terdengar mirip dengan aslinya.


Hanya mendukung ponsel tertentu

Kendati demikian tidak semua ponsel bisa menampilkan hewan virtual ini. Dibutuhkan ponsel dengan hardware dan software yang mumpuni agar hewan virtual ini bisa dimunculkan. 

Baca juga: Google Maps Dapat Fitur Navigasi AR dan Mode Menyamar

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Selasa (31/3/2020), fitur AR ini mengandalkan sistem ARCore yang dipadankan modul kamera dan sensor motion untuk memunculkan objek secara tiga dimensi.

Cara menampilkan seekor binatang di pencarian Google.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menampilkan seekor binatang di pencarian Google.

Halaman:
Sumber 9To5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com