Jumlah "Download" Aplikasi Telekonferensi Naik Drastis dalam Sepekan

Kompas.com - 01/04/2020, 09:31 WIB
Ilustrasi aplikasi Zoom. AndroidPoliceIlustrasi aplikasi Zoom.

KOMPAS.com - Tidak hanya Indonesia, berbagai negara juga meminta penduduknya meminimalisir kegiatan di luar rumah demi memutus rantai penularan Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona.

Akibatnya, banyak karyawan dan pelajar yang harus bekerja atau sekolah dari rumah. Mereka pun memanfaatkan beragam aplikasi telekonferensi seperti Zoom atau Google Hangouts Meet, untuk tatap muka secara virtual.

Hasilnya, jumlah download aplikasi telekonferensi meningkat drastis hanya dalam waktu satu minggu. Situs riset aplikasi, App Annie mencatat aplikasi telekonferensi telah diunduh 62 juta kali dalam kurun 14-21 Maret.

Baca juga: Corona Bikin Google Classroom Jadi Aplikasi Terpopuler

Angka tersebut setara peningkatan 45 persen dari pekan sebelumnya, dan menjadi pertumbuhan aplikasi tertinggi di antara semua kategori di toko aplikasi, baik Google Play Store maupun Apps Store.

Bahkan saat dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan mingguan pada 2019, peningkatanya kini mencapai 90 persen.

"Orang-orang menghadapi ketidakpastian di masa isolasi ini, aplikasi video telekonferensi berpotensi memengaruhi kebiasaan sehari-hari, meruntuhkan hambatan geologis dan menumbuhkan kemampuan bekerja serta bersosialsisasi," tulis App Annie.

Zoom paling banyak

Beberapa aplikasi telekonferensi yang turut menyumbang kenaikan jumlah download ini antara lain Hangouts Meet, Microsoft Teams, dan Zoom. Aplikasi Zoom menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh selama bulan Februari dan Maret.

Angka unduhannya terus meningkat di AS dan Inggris, serta beberapa negara lain di Eropa. Dibanding rata-rata unduhan mingguan pada kuartal IV-2019, Zoom diunduh 14 kali lipat lebih banyak di AS.

Baca juga: Begini Cara Ganti Background di Aplikasi Zoom saat Video Conference

Sementara di Inggris, Zoom diunduh 20 kali lipat lebih banyak dibanding rata-rata unduhan mingguan pada kuartal IV-2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X