Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hangouts, Zoom, Skype, dan Webex, Mana yang Paling Irit Data?

Kompas.com - 01/04/2020, 12:01 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah wabah Covid-19 yang membuat para karyawan kantor terpaksa bekerja dari rumah, popularitas aplikasi video conferencing untuk tatap muka dari jauh meroket.

Melihat fenomena tersebut, Hutchison 3 (Tri) Indonesia berinisiatif melakukan pengujian internal terhadap empat aplikasi telekonferensi populer, yakni Hangouts, Zoom, Skype, dan Webex, untuk menemukan mana yang paling irit dalam hal penggunaan data internet.

Sebab, kelancaran fungsi aplikasi video conferencing memang bergantung pada bandwidth yang cukup supaya pembicaraan bisa berlangsung mulus tanpa lag atau jeda yang mengganggu.

Baca juga: Begini Cara Ganti Background di Aplikasi Zoom saat Video Conference

Pengujian Tri dilakukan dengan menggunakan perangkat yang sama untuk konferensi selama 30 menit dengan lima partisipan.

Dari sini ditemukan bahwa Zoom ternyata paling irit data dengan kebutuhan bandwidth sekitar 700 Kbps. Skype, Hangouts, dan Webex menyusul setelahnya secara berturut-turut.

Hasil pengujian kebutuhan bandwidth dari aplikasi telekonferensi Hangours, Zoom, Webex, dan Skype oleh Tri.Tri Indonesia Hasil pengujian kebutuhan bandwidth dari aplikasi telekonferensi Hangours, Zoom, Webex, dan Skype oleh Tri.

Bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil, juga sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan untuk konferensi,” tulis Tri dalam keterangan pers yang dilayangkan ke KompasTekno, Rabu (1/4/2020).

Sebaliknya, lanjut Tri, aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik. Kebutuhan bandwidth tiap aplikasi bisa bervariasi, tergantung perangkat yang digunakan.

Baca juga: 2021, Tri Ekspansi Jaringan ke Indonesia Timur lewat Palapa Ring

Tri mencatat bahwa akses terhadap keempat layanan telekonferensi di atas meningkat hingga 693 persen dalam dua pekan setelah work from home diberlakukan, dibandingkan dengan sebelumnya.

Untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggannya, Tri menyediakan produk AlwaysOn dengan kuota unlimited pada pukul 01.00 hingga 17.00, yang bisa dipakai mengakses aplikasi-aplikasi untuk work from home ataupun study from home.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com