Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manajemen Grab Sisihkan Gaji untuk Bantu Pengemudi

Kompas.com - 01/04/2020, 17:03 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wabah virus corona yang turut menyapu kawasan Asia Tenggara membuat negara-negara di kawasan ini menerapkan social distancing serta bekerja dan belajar dari rumah. Imbasnya, pengemudi ojek online kehilangan pendapatan.

Menghadapi keadan tersebut. Grab mengatakan para manajer seniornya secara sukarela akan mendonasikan 20 persen dari gaji mereka untuk membantu kegiatan bisnis dan keberlangsungan pendapatan mitra yang terdampak pandemi Covid-19.

“Prioritas utama kami adalah untuk memastikan keselamatan dan keberlangsungan hidup setiap individu yang tergabung dalam platform kami," ujar CEO Grab Anthony Tan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Gojek Dapat Pendanaan Rp 20 Triliun untuk Bersaing dengan Grab

Tidak dijelaskan seperti apa persisnya mekanisme donasi dari para manajer senior, namun Grab memang memiliki sejumlah inisiatif yang dirancang untuk membantu mitra pengemudi, transportasi, dan merchant lewat Program Bantuan Mitra.

Program Bantuan Mitra yang sudah dijalankan sejak Januari di Indonesia ini meliputi bantuan keuangan dan keringanan biaya sewa untuk mitra pengemudi yang telah dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di rumah sakit, serta perlindungan asuransi terhadap penyakit.

Ada juga dukungan pendapatan bagi mitra pengemudi yang memenuhi syarat, tapi Grab tak merinci apa saja kriteria dan syarat pengemudi yang dapat menerima dukungan pendapatan tersebut.

Grab juga membantu bisnis merchant GrabFood dengan memberikan pendanaan secara langsung untuk para merchant terpilih. Bantuan diharapkan dapat membantu merchant menjangkau lebih banyak pelanggan dan menerima pendapatan tambahan.

Baca juga: Di Tengah Isu Merger dengan GoJek, Grab Disuntik Dana Rp 12 Triliun

Di Indonesia, mitra pengemudi yang telah tertular virus corona akan menerima one-time payout dan harus menjalani karantina.

Selain itu, mitra pengemudi Grab yang berpartisipasi dalam program asuransi subsidi Mandiri In-Health kini dapat melakukan klaim untuk tindakan medis terkait Covid-19, termasuk pemeriksaan kesehatan, konsultasi kesehatan, ronsen dada, tes darah dan lainnya.

Sebagai bagian dari solidaritas bagi para mitra yang mengalami kendala finansial di tengah krisis ini, Program Bantuan Mitra juga akan didanai secara sukarela oleh seluruh karyawan Grab melalui donasi yang berasal dari tunjangan mereka.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com