Percakapan Telegram Bisa Dikelompokkan di Satu Folder

Kompas.com - 02/04/2020, 07:02 WIB
Aplikasi Telegram Tech CrunchAplikasi Telegram

KOMPAS.com - Pekan ini, aplikasi percakapan (chating) Telegram dijejali dengan seabrek fitur baru. Salah satu yang boleh dibilang menarik adalah fitur Chat Folders.

Seperti namanya, fitur tersebut bisa digunakan untuk membuat folder yang berisi beberapa percakapan ( chat) yang telah disortir.

Untuk membuat folder, pengguna cukup pergi ke menu pengaturan dan memilih menu "Folders".

Di sini, pengguna bisa membuat folder baru dan menamainya, serta memilih chat mana saja yang bakal dikelompokkan menjadi satu folder.

Baca juga: Fitur Polling Telegram Diperbarui, Punya 3 Mode

Setelah dibuat, satu folder percakapan nantinya akan menjadi sebuah tab baru yang bisa dipilih dengan mudah oleh pengguna di tampilan utama aplikasi Telegram. 

Jika pengguna memiliki lebih dari dua folder percakapan, misalnya bernama "Kerjaan" dan "Keluarga", maka akan ada dua tab pula yang mejeng di sebelah label utama "All Chats" seperti bisa dilihat di gambar berikut.

Membuat chat folder di aplikasi Telegram versi baru.KOMPAS.com/Bill Clinten Membuat chat folder di aplikasi Telegram versi baru.

Uniknya, chat yang sudah dikelompokkan ke dalam sebuah folder bisa dipilih kembali untuk mengisi folder lainnya. Artinya, dua tab yang berbeda bisa saja mengandung percakapan dari kontak yang sama.

Selain itu, folder percakapan yang sudah dibuat juga bakal tersinkron secara otomatis dengan aplikasi Telegram vesi desktop, namun tidak untuk Telegram versi web. 

Baca juga: TikTok Luncurkan Aplikasi Video Chat Mirip Instagram Stories

Di samping Chat Folders, Telegram versi 6.0 ini juga menghadirkan fitur Archive yang bisa dipakai untuk menyembunyikan satu atau beberapa chat dari tampilan utama. Chat yang diarsipkan ini bakal muncul kembali jika ada pesan baru. 

Ada pula fitur statistik untuk percakapan di dalam kanal (Channel), animasi sound meter ketika merekam suara, serta beberapa emoji baru yang bisa dipakai untuk mewarnai jendela percakapan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidPolice, Kamis (2/4/2020). 

Nah, untuk bisa memanfaatkan aneka fitur teranyar tadi, pengguna ponsel Android bisa memperbarui atau mengunduh aplikasi Telegram di tautan berikut, sementara pengguna iOS bisa mendapatkannya di tautan berikut

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X