Internet di Berbagai Belahan Dunia Melambat Sejak Wabah Virus Corona

Kompas.com - 02/04/2020, 19:50 WIB
Ilustrasi lockdown karena virus corona ShutterstockIlustrasi lockdown karena virus corona

KOMPAS.com - Negara-negara di mana Covid-19 mewabah meminta warganya bekerja dan belajar secara online di rumah. Imbasnya, penggunaan internet naik karena dipakai untuk berbagai keperluan. Kecepatan akses internet di berbagai belahan dunia pun menurun.

Menurut data Speedtest, kecepatan download rata-ratafixed broadband di AS turun dari 140 Mbps pada awal bulan Maret 2020 menjadi 133 Mbps di pertengahan Maret. Kanada juga mengalami penurunan di periode yang sama, dari 129 Mbps menjadi 121 Mbps.

Baca juga: Dukung Kebijakan Kerja dari Rumah, Operator Seluler Tingkatkan Bandwidth

Di Eropa, kecepatan download rata-rata di Jerman turun dari 103 Mbps menjadi 93 Mbps, sementara Italia mencatat penurunan dari 130 Mbps menjadi 126 Mbps.

Negara-negara di Asia memiliki pola penurunan yang berbeda. Di China yang menjadi negara asal virus corona, wabah Covid-19 terjadi lebih awal di 2020.

Negara-negara di Eropa mengalami penurunan kecepatan internet fixed broadband seiring dengan penerapan work and study from homeSpeedtest Negara-negara di Eropa mengalami penurunan kecepatan internet fixed broadband seiring dengan penerapan work and study from home

Penurunan kecepatan internet di Negeri Tirai Bambu pun tercatat menurun pada pertengahan Januari, tapi setelah itu berangsur kembali naik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Kamis (2/4/2020).

Penurunan kecepatan internet bisa menjadi masalah di tengah-tengah kebutuhan yang makin tinggi untuk bekerja dan belajar di rumah.

Baca juga: YouTube Turunkan Kualitas Video Selama Sebulan

Untuk menjaga agar jaringan internet tak terlalu terbebani, para penyedia layanan video streaming seperti Netflix, Disney Plus, Apple TV, hingga YouTube berinisiatif menurunkan kualitas video di layanannya supaya lebih irit data.

Di Indonesia, operator-operator seluler pun berkomitmen meningkatkan bandwidth dan menyiapkan jaringannya untuk menangani tingginya trafik, demi membantu warga tetap di rumah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X