Alasan Redmi 8A Pro di Indonesia "Cuma" Pakai Chip Snapdragon 439

Kompas.com - 03/04/2020, 09:11 WIB
Tiga varian warna Redmi 8A Pro. YouTube/XiaomiIndonesiaTiga varian warna Redmi 8A Pro.

KOMPAS.com - Xiaomi baru saja memperkenalkan smartphone entry level barunya ke pasar Indonesia, yakni Redmi 8A Pro. Redmi 8A Pro masih menjadi keluarga Redmi 8 series yang sudah dirilis akhir tahun lalu.

Secara hierarki, Redmi 8A Pro setingkat lebih tinggi dari Redmi 8A. Namun, prosesor yang digunakan sama, yakni Snapdragon 439.

Hal ini berbeda dengan Redmi 8A Pro versi India yang dirumorkan bakal menggunakan chip Snapdragon 450, di mana notabene sedikit lebih tinggi dibanding Snapdragon 439.

Redmi 8A Pro versi India dikabarkan baru akan dirilis pada 10 April mendatang.

Update: Senin (6/4/2020), pihak Xiaomi Indonesia memberikan pernyataan kepada KompasTekno, bahwa Xiaomi India tidak akan meluncurkan Redmi 8A Pro dengan Snapdragon 450 seperti yang dirumorkan. Xiaomi India hanya memiliki Redmi 8A dan Redmi 8A Dual yang sama dengan Redmi 8A Pro di Indonesia, hanya beda penamaan saja.

Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse beralasan, Snapdragon 439 adalah pilihan terbaik untuk Redmi 8A Pro versi Indonesia. Alasanya, system-on-chip ini dibekali quad-core dan memiliki arsitektur 12nm yang diklaim Alvin sudah cukup memberikan performa yang stabil.

Baca juga: Xiaomi Naikkan Harga Ponsel di Indonesia, Ini Alasannya

"Jadi menurut kami, untuk target konsumen Redmi 8A Pro, Snapdragon 439 adalah yang terbaik, dibarengi dengan baterai 5.000 mah," jelas Alvin saat konferensi virtual dengan beberapa media, setelah peluncuran Redmi 8A Pro di Indonesia, Kamis (2/4/2020).

Selain alasan tersebut, pemilihan chipset tidak jauh-jauh dari pertimbangan harga. Ia mengatakan, Xiaomi sebisa mungkin memberikan harga murah.

"Untuk mempertahankan harganya sesuai bagi pengguna, kami harus memilih prosesor yang tepat," kata Alvin.

Spesifikasi Redmi 8A Pro di Indonesia justru mirip dengan Redmi 8A Dual yang dijual di India. Alvin tidak membantah hal ini. Ia mengaku bahwa keduanya adalah produk yang sama, hanya penamaannya saja yang berbeda.

Baca juga: Selisih Harga Rp 200.000, Ini Bedanya Redmi 8A dan Redmi 8A Pro

"Kalau di Indonesia perbedanya ada di nano coating yang membuat ponsel tahan percikan air, tapi intinya produknya sama. Dan penyebutan "Pro" lebih mudah dibanding "dual"," ujar Alvin.

Spesifikasi Redmi 8A dan Redmi 8A Pro memang identik. Keduanya memiliki perbedaan yang tipis. Paling mencolok ada di sektor kamera belakang.

Redmi 8A dibekali kamera tunggal beresolusi 12 MP, sementara versi Pro memiliki kamera ganda dengan resolusi 13 MP dan 2 MP. Redmi 8A Pro menjadi seri Redmi A pertama Xiaomi yang dibekali kamera ganda. Selebihnya, spesifikasi keduanya sama.

Soal harga, Redmi 8A Pro di Indonesia dijual dengan harga Rp 1.599.000 (2 GB/32 GB) dan Rp 1.699.000 (3 GB/32 GB).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X