Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan XL Dikeluhkan Tidak Ada Sinyal Sejak Kamis Malam

Kompas.com - 03/04/2020, 11:13 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan operator seluler XL Axiata kembali dilaporkan mengalami gangguan di sejumlah wilayah di Jabodetabek, Bandung, dan sekitarnya sejak Kamis (2/4/2020) malam.

Hingga Jumat (3/4/2020) pagi ini, keluhan juga masih terpantau lewat jejaring Twitter. 

Sejumlah pengguna XL  melaporkan gangguan ini ke akun Twitter resmi XL Axiata, dengan me-mention akun @myXLCare dan @myXL.

Keluhan-keluhan itu terutama menyangkut layanan internet XL Axiata yang menghilang atau menunjukkan pesan "no service" di ponsel.

Pengguna lain mengeluhkan layanan internet XL Axiata sama sekali tidak bisa digunakan, padahal pengguna tengah bekerja dari rumah karena pandemi covid-19.

Baca juga: Hari Ini, Layanan XL Axiata Dilaporkan Tidak Ada Sinyal

Waktu gangguan dilaporkan bervariasi, ada yang mulai melaporkan sejak Kamis malam, ada pula pada Jumat pagi ini. Namun semua melaporkan hal yang seragam, yaitu tidak ada sinyal.

Berdasarkan Pantauan KompasTekno, berikut beberapa kicauan keluhan pengguna XL yang mengeluhkan sinyal XL sedang bermasalah

"Min @myXLCare, knp sejak kmrn sinyal XL di hp atopun MiFi sering ilang ya? Lagi butuh buat WFH nih..." tulis pengguna @whit3wolf10 di Twitter, Jumat pukul 8.53 pagi.

"Admin, dari kemaren nomer xl saya no service terus, ini gimana? Tolong bantuannya," tulis @synthbeen di Twitter pukul 9.00 WIB. 

Sementara, pengguna lain melaporkan layanan XL di rumahnya bermasalah sejak Rabu malam pukul 21.05 WIB. 

Di antara banyaknya keluhan yang masuk, akun @MyXLCare terlihat menjawab salah satu keluhan pengguna XL di Twitter.

Akun myXLCare menyarankan para penggunanya untuk mengaktifkan lalu menon-aktifkan kembali fitur airplane mode para pengguna XL. Namun pengguna membalas dengan bahwa cara tersebut bukan solusi untuk mengembalikan sinyal XL stabil.

Dari salah satu pengguna XL yang mengeluhkan jaringannya yang "no service," terdapat satu keluhan yang menanyakan sampai kapan tower XL wilayah Jakarta Selatan diperbaiki.

Selain ramai di Twitter, kata kunci myXL juga terpantau menjadi trending topic di Google Trends Indonesia pada Jumat (3/4/2020) pagi.

Namun belum diketahui apakah ini berkaitan dengan gangguan layanan XL Axiata atau tidak.

Baca juga: XL Bagikan Kuota Gratis Setiap Hari untuk Aplikasi Belajar dari Rumah

KompasTekno telah berusaha menghubungi pihak XL Axiata, untuk meminta keterangan mengenai gangguan ini. Namun hingga berita ini ditayangkan, belum mendapatkan jawaban.

Ini merupakan gangguan yang kedua dalam seminggu terakhir. Sebelumnya, layanan XL juga dikeluhkan bermasalah pada Jumat (27/3/2020) pekan lalu. Saat itu, pihak XL mengaku tidak ada masalah pada layanan jaringannya. (Baca juga: Layanan XL Axiata Dilaporkan Tidak Ada Sinyal)

Seperti diketahui, XL baru saja merilis paket "Xtra Unlimited Turbo" pada awal Maret lalu, yang menawarkan akses tanpa batasan kuota dan kecepatan untuk layanan-layanan tertentu, seperti YouTube, Instagram, Facebook, Whatsapp, Line, dan Gojek.

XL juga menawarkan kuota gratis sebesar 2 GB per hari untuk penggunaan layanan-layanan untuk belajar dari rumah.

Namun, belum diketahui apakah gangguan hari ini berkaitan dengan program "tanpa FUP" dan kuota gratis tersebut atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com