Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Masih Error, Pengguna Diminta Ubah Jaringan ke 3G

Kompas.com - 03/04/2020, 17:25 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak Kamis (2/4/2020) malam, layanan operator seluler XL Axiata dikeluhkan mengalami gangguan.

Sejumlah pengguna di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan sekitarnya mengeluh layanan internet yang hilang atau menunjukkan pesan "no service" di ponsel mereka.

Dari pantauan KompasTekno, pengguna XL Axiata masih membanjiri lini masa Twitter dengan keluhan serupa hingga Jumat (3/4/2020) sore.

Salah satunya adalah pengguna dengan akun Twitter @Muzakha yang mengaku harus beralih ke jaringan 3G atau 2G agar tetap terkoneksi.

Keluhan senada juga diungkap beberapa pengguna lainnya dengan me-mention beberapa akun resmi XL, seperti @myXLcare, @myXL, dan @XLAxiata.

Jawaban yang diterima pengguna berbeda-beda, meskipun keluhannya serupa, yakni koneksi yang melamban, terputus, hingga hilang.

Baca juga: Layanan XL Dikeluhkan Tidak Ada Sinyal Sejak Kamis Malam

Salah satu solusinya, pengguna diminta untuk mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) selama dua menit atau me-restart ponsel dan mengaktifkan mobile data kembali. Namun, ada pengguna yang gagal terkoneksi dengan cara ini.

Cara berikutnya yaitu pengguna diminta untuk menurunkan kualitas jaringan dari 4G LTE ke WCDMA atau 3G. Setelah diubah, ponsel diminta untuk di-restart dan kembali diatur ke jaringan LTE.

Masalah ini tidak hanya dilaporkan dari pengguna di Jabodetabek, Bandung, dan sekitarnya.

Sejumlah pengguna dari wilayah lain juga mengeluhkan hal yang sama. Salah satunya oleh akun Twitter @kana0611_  yang melaporkan adanya gangguan di Solo, Jawa Tengah.


Selain masalah koneksi, pengguna juga mengeluhkan pulsa utama yang mendadak habis saat mengakses internet, meskipun masih memiliki paket kuota internet. Masalah itu disampaikan pengguna dengan akun Twitter @nuran_azrun.

"@myXL hi ini kenapa yang tersedot malah pulsa saya sedangkan disini masih ada paket. Paket ini benar benar tidak bisa digunakan," tulisnya.

Baca juga: Direktur dan CCO XL Axiata Allan Bonke Mengundurkan Diri

Laporan serupa juga diungkap akun Twitter @heriplusp.

"@myXL halo min, saya habis beli paket combo vip yg 20gb, nah pas internetan malah kesedot pulsa utama, sekarang pulsa utama udah habis dan malah ga bisa internetan, padahal kuota masih full," tulisnya.

Tanggapan XL

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com