Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Belajar Flora dan Fauna dari Rumah Lewat Layanan Google

Kompas.com - 06/04/2020, 15:09 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah kondisi wabah Covid-19 yang kian meluas, semua kegiatan terpaksa harus dilakukan di dalam rumah. Termasuk bermain, belajar mengajar, dan bekerja.

Untuk menghilangkan rasa bosan khususnya bagi anak-anak, orang tua bisa mengajak anak-anak bermain sambil belajar flora dan fauna dari dalam rumah.

Caranya mudah, yakni dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi dan layanan dari Google yang bisa diakses melalui smartphone.

Untuk mengenalkan anak-anak pada flora dan fauna menggunakan ponsel, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. 

Orang tua bisa menghadirkan hewan-hewan secara virtual menggunakan layanan Google Search. 

Caranya, cukup mengetik nama hewan di kolom Google Search. Pada hasil pencarian, pengguna akan dapat menu untuk menampilkan hewan Augmented Reality (AR) melalui layar ponsel seukuran aslinya.

Baca juga: Cara Menampilkan Hewan Virtual Lewat Google Search

Namun, kemampuan Virtual ini hanya dapat dilakukan oleh beberapa ponsel tertentu.

Beberapa di antaranya seperti Samsung Galaxy S10, Asus Zenfone 6, Google Pixel 3, Huawei P30 Pro, Oppo F11 Pro, Realme 5 Pro, dan lain sebagainya. Daftar lengkap ponsel yang bisa menampilkan hewan virtual ini dapat dilihat di tautan berikut.

Selain menampilkan hewan virtual untuk dipelajari anak-anak, Google juga dapat menampilkan suara-suara hewan. Caranya pun mudah, pengguna cukup menulis kata kunci “suara hewan” di Google Search.

Masih menggunakan Google Search, anak-anak juga bisa mendapatkan penjelasan rinci tentang tumbuhan dan hewan melalui knowledge panel.

Caranya, dengan menulis nama hewan atau tumbuhan yang ingin dipelajari. Nantinya Google akan menampilkan informasi berisikan rinci seperti nama ilmiah hewan, masa hidup mereka, dan makanan yang mereka konsumsi.

Panel tersebut muncul sebagai hasil pencarian teratas ketika pengguna mencari informasi tentang seekor hewan atau sebuah tumbuhan.

Baca juga: Google Luncurkan Halaman Khusus Informasi Virus Corona

Selain menggunakan layanan Google Search, pengguna juga bisa mengidentifikasi tanaman atau hewan di sekitar lingkungan rumah dengan aplikasi Google Lens.

Orang tua bisa mengajarkan anak-anak tentang flora dan fauna dengan dengan mengarahkan kamera Google Lens ke tanaman atau hewan yang ingin diidentifikasi. 

Meski serupa, cara ini lebih menarik dilakukan ketimbang menggunakan Google Search. Sebab, anak-anak akan lebih banyak bergerak di rumah sambil mencari tumbuhan atau hewan di lingkungan sekitar.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com