CEO Twitter Sumbang Rp 16 Triliun untuk Lawan Corona

Kompas.com - 08/04/2020, 19:09 WIB
CEO Twitter, Jack Dorsey businessinsider.comCEO Twitter, Jack Dorsey

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19 akibat virus corona mewabah di berbagai negara, semakin banyak figur atau perusahaan teknologi yang memberikan sumbangan sebagai bentuk dukungan penanggulangan.

Setelah perusahaan teknologi Apple, kini giliran CEO perusahaan media sosial Twitter, Jack Dorsey 1 miliar dollar AS dari saham milik platform digital Square ke Start Small Foundation untuk penanganan Covid-19 di seluruh dunia.

Square sendiri adalah platform pembayaran digital dimana Dorsey juga menjadi CEO-nya. Dorsey mengumumkan aksinya itu lewat sebuah kicauan di akun Twitter pribadinya pada Selasa (7/4/2020).

Baca juga: CEO Twitter Cuma Makan Sekali dalam Sehari

Dorsey mengungkapkan bahwa jumlah sumbangan 1 miliar dollar AS (Rp 16 triliun) dari sahamnya di Square itu setara dengan 28 persen dari kekayaan bersihnya saat ini, yang berkisar 3,6 miliar dollar AS (Rp 59 triliun).

"Saya memindahkan 1miliar dollar AS dari ekuitas Square saya( itu senilai28 persen dari kekayaan saya) ke #startsmall LLC untuk mendanai bantuan COVID-19 global. Setelah kami melucuti pandemi ini, fokusnya akan beralih ke kesehatan dan pendidikan anak perempuan, dan UBI. Ini akan beroperasi secara transparan, semua aliran bisa dilacak di sini: https://t.co/hVkUczDQmz," tulis Jack dalam Twitnya.

Dalam tweet-nya, Dorsey juga menyematkan link Google Spreadsheet agar semua orang dapat melacak pengeluaran donasi tersebut, sesuai dengan niat Jack yang tertulis dalam tweet-nya.

Selain itu, Dorsey juga mengatakan bahwa setelah pandemi Covid-19 usai, uang donasi itu akan dialihkan untuk membantu menangani masalah kesehatan, pendidikan anak perempuan, dan Universal Basic Income (UBI).  

Baca juga: Twitter Larang Kicauan yang Menyesatkan soal Virus Corona

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Rabu (8/4/2020), Jack mengatakan bahwa pendonasian untuk kesehatan dan pendidikan anak perempuan mewakili solusi jangka panjang terbaik untuk masalah eksistensial yang dihadapi dunia.

Tak hanya itu, Dorsey juga memberikan alasan mengapa dirinya melakukan donasi transparan, alasan tersebut juga ia sampaikan melalui Twitter-nya.

"Mengapa transparansi? Penting untuk menunjukkan pekerjaan saya sehingga saya dan orang lain dapat belajar. Saya telah menemukan dan mendanai 40 juta dollar AS ke banyak organisasi dengan dampak dan efisiensi yang terbukti, kebanyakan secara anonim. Ke depan, semua hibah akan dibuat publik.. ," tulis Dorsey.

Selain itu, Dorsey juga berharap aksinya ini dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa.

"Hidup ini terlalu singkat, jadi mari kita lakukan semua yang kita bisa hari ini untuk membantu orang sekarang," tulis Jack di pesan terakhir dalam kicauannya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X