Samsung Siapkan Smartphone dengan Kamera 192 Megapiksel?

Kompas.com - 09/04/2020, 14:09 WIB
Modul penta-camera atau lima kamera belakang Mi Note 10 Pro. Modul ini terdiri dari kamera utama 108MP, kamera 5 megapiksel (5x optical zoom), 12 megapiksel (2x optical zoom), ultrawide 20 megapiksel, dan makro 2 megapiksel. KOMPAS.com/Wahyunanda KusumaModul penta-camera atau lima kamera belakang Mi Note 10 Pro. Modul ini terdiri dari kamera utama 108MP, kamera 5 megapiksel (5x optical zoom), 12 megapiksel (2x optical zoom), ultrawide 20 megapiksel, dan makro 2 megapiksel.

KOMPAS.com - Resolusi kamera smartphone agaknya bakal makin tinggi. Menurut satu rumor yang berasal dari Digital Chat Station, pembuat ponsel asal China, bulan depan akan meluncur sebuah perangkat dengan kamera beresolusi setinggi 192 megapiksel.

Vendor smartphone tersebut disinyalir adalah Xiaomi, sementara sensor 192 megapiksel di kameranya dibuat oleh Samsung. Kedua pabrikan tersebut memang dikenal memiliki kemitraan dalam hal pasokan komponen kamera.

Baca juga: Samsung Siapkan Kamera 150 Megapiksel untuk Xiaomi?

Ponsel berkamera 108 megapiksel pertama di dunia, Xiaomi Mi Note 10 Pro, misalnya, menggunakan sensor kamera Isocell Bright HMX yang tak lain merupakan bikinan Samsung.

Kemudian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (9/4/2020), baru-baru ini Samsung juga sempat dikabarkan sedang menyiapkan sensor kamera beresolusi tinggi untuk Xiaomi.

Selain kamera 192 megapiksel, calon ponsel baru itu kabarnya juga akan dibekali dengan chip Snapdragon 765G sehingga kemungkinan besar merupakan model kelas menengah macam lini Mi Note dari Xiaomi.

Baca juga: Sama-sama 108 MP, Ini Bedanya Kamera Galaxy S20 Ultra dan Mi Note10 Pro

Belum banyak yang diketahui soal sensor kamera 192 megapiksel tersebut. Boleh jadi komponen ini akan dibekali teknologi nona-binning dari Samsung yang menggabungkan tiap 9 pixel menjadi 1 pixel berukuran lebih besar untuk meningkatkan kualitas gambar.

Kalau benar demikian, maka output akhir kamera ponsel itu secara default akan beresolusi 21,3 megapiksel (192/9), dengan opsi untuk merekam foto dengan resolusi penuh sebesar 192 megapiksel. Benarkah demikian? Kita nantikan saja kemunculannya.



Sumber GSM Arena
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X