Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan "Cloud Gaming" Google Stadia Pro Digratiskan Dua Bulan

Kompas.com - 09/04/2020, 19:10 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Satu lagi penyedia layanan digital menggratiskan produknya dalam rangka membantu social distancing di tengah wabah Covid-19.

Kali ini Google mengumumkan bahwa cloud gaming service besutannya, Stadia versi Pro, dibebaskan dari biaya langganan selama dua bulan, terhitung mulai 8 April.

Vice President dan GM Google Stadia Phil Harrison mengatakan bahwa hal tersebut tak lain dilakukan untuk bantu menghibur orang-orang yang terpaksa berdiam diri di rumah untuk mengurangi risiko tertular virus corona.

Baca juga: Apa Itu Google Stadia, Layanan Streaming Game yang Tak Butuh Konsol?

Pembebasan biaya langganan Stadia Pro berlaku untuk pengguna baru maupun para pelanggan lama."Kalau Anda sudah berlangganan layanan berbayar, kami tak akan menagih Anda selama dua bulan ke depan," ujar Harrison dalam sebuah posting di Blog Google.

Setelah masa gratis dua bulan berlalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (9/4/2020), pelanggan Stadia Pro harus kembali membayar biaya sebesar 9,99 dollar AS (Rp 158.000). Namun, langganan bisa dibatalkan kapapun diinginkan.

Selain bebas biaya langganan, pelanggan Stadia Pro juga akan mendapatkan sembilan game yang bisa dimainkan secara gratis, di antaranya Destiny 2: The Collection, GRID, Gylt, dan Thumper.

Di samping Stadia Pro, Stadia kini juga tersedia dalam versi "dasar" yang bisa diakses gratis.
Syaratnya hanya memiliki akun Gmail.

Baca juga: Google Stadia Sudah Bisa Dimainkan di Samsung Galaxy, Asus, dan Razer

Sebelumnya, peminat layanan ini mesti membeli bundel Google Stadia Premiere Edition seharga 129 dollar AS (Rp 2,1 juta) yang mencakup perangkat Chromecast Ultra, dan sebuah  Stadia Controller nirkabel.

Perlu ditambahkan bahwa Google hanya menggratiskan Stadia di 14 negara, termasuk AS, Kanada, Inggris, dan 11 negara Eropa lain. Layanan ini memang belum tersedia secara meluas di dunia lantaran membutuhkan koneksi internet berkecepatan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com