Daftar Dokter Indonesia yang Buka Konsultasi Covid-19 via Instagram

Kompas.com - 12/04/2020, 17:18 WIB
ilustrasi Instagram businessinsider.comilustrasi Instagram

KOMPAS.com - Sudah hampir satu bulan, pemerintah mengimbau masyarakat untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah. Tujuannya tak lain adalah memutus rantai penularan Covid-19.

Meskipun berada di rumah, beberapa orang tetap merasa was-was dengan kesehatan mereka dan enggan mengunjungi rumah sakit karena saat ini justru cukup berisiko tertular virus corona.

Oleh sebab itu, beberapa dokter melakukan inisiatif. Mereka tidak hanya bekerja di lapangan namun juga membantu warga yang berada di rumah untuk berkonsultasi secara gratis dan memerikan edukasi seputar Covid-19 melalui Instagram.

Dari keterangan resi Instagram yang diterima KompasTekno, beberapa fitur di Instagram pun dimanfaatkan para dokter.

Di antaranya adalah dr. Alghufron, MMR di akunnya @alghufron dan dr. Dianca Oetama di akunnya @dianca.oetama yang membuka layanan konsultasi gratsi seputar Covid-19 melalui pesan langsung (DM) Instagram.

Ada pula dr. Mesty Ariotedjo dengan akunnya @mestyariotedjo yang memanfaatkan IGTV untuk mengedukasi pentingnya penerapan jaga jarak fisik untuk menghindari penularan corona.

Selain aktif memberikan konten kesehatan edukatif, dr. Mesty yang juga merupakan Co-Founder WeCare.id, pionir platform galang dana medis, mengadakan penggalangan dana untuk pembelian alat pelindung diri bagi para tenaga medis.

Dokter lain juga memanfaatkan fitur-fitur lain Instagram, termasuk Stories dan Feed.

Seperti dr. Putu Ayuwidia Ekaputri dengan akunnya @diadiawidia yang membagikan tips dan langkah-langkah yang dapat diambil oleh seseorang jika dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: Apple Luncurkan Situs dan Aplikasi untuk Cek Gejala Covid-19

Lalu ada dr. Anton Tanjung dengan akunnya @antontanjung yang berkolaborasi dengan @drg.mirza dan @drg.irene menggunakan akun Instagram mereka untuk mempublikasikan informasi seputar rumah sakit, puskesmas maupun rekan sejawat yang membutuhkan donasi alat pelindung diri serta alat medis lainnya.

Kemudian ada dr. Reisa Broto Asmoro dengan akunnya @reisabrotoasmoro juga mengedukasi pengikutnya untuk sering mencuci tangan dan tidak menggunakan sarung tangan medis agar dapat digunakan oleh tenaga medis yang benar-benar membutuhkan.

https://www.instagram.com/stories/highlights/17862808654730122/

Begitu pula dengan dr. Listya Paramita, Sp.KK dengan akunnya @drmita.spkk yang memberikan penjelasan seputar waktu terbaik untuk berjemur selama di rumah melalui IGTV.

Sementara itu, dokter spesialis kandungan Gahrani Chen melalui akunnya @gahranichen memberikan edukasi bagi para ibu hamil yang gelisah akan keselamatannya dan bayi di tengah pandemi. Ia memanfaatkan Stories dan stike pertanyaan untuk membuka sesi tanya jawab.

Baca juga: Inilah yang Banyak Di-googling Orang Indonesia Saat Pandemi Corona



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X